Google Siapkan Pelatihan Cloud Computing Secara Online Di Indonesia


Google Office

Google resmi meluncurkan Google Cloud Platform Region dalam acara yang digelar secara virtual, Rabu (24/6/2020). Dalam acara tersebut Thomas Kurian, CEO Google Cloud mengumumkan akan membuka pelatihan dan teknologi cloud di Indonesia. Google berencana membuka 150.000 lab untuk pelatihan cloud secara online di Indonesia tanpa biaya. Selama pelatihan, peserta akan mendapatkan kredit gratis senilai 300 dollar AS yang bisa dipakai selama 12 bulan.

"Kami mengumumkan komitmen untuk membantu mengembangkan talenta yang krusial bagi perjalanan transformasi digital para pelanggan kami di Indonesia", ujarnya.

Sertifikasi GCP adalah bukti validasi keahlian yang menunjukkan kemampuan individu mengenai teknologi Google Cloud. Sertifikasi tersebut dibagi menjadi tiga kategori yaitu tingkat Associate, tingkat Profesional, dan tingkat Pengguna. Sertifikasi tingkat Associate fokus di keterampilan dasar dalam menggelar, memantau, dan mengelola project di Google Cloud. Sertifikasi tingkat Profesional ditujukan bagi individu yang berpengalaman dan sudah mengenal Google Cloud. Kemudian, ada sertifikasi tingkat Pengguna untuk individu yang memiliki pengalaman dalam menggunakan G Suite dan bagaimana pengunaannya sebagai media kolaborasi.

"Sertifikasi ini nantinya bisa mereka pakai untuk membantu perusahaan mereka atau perusahaan lain dalam pengembangan cloud," ujar Megawaty Khie, Country Director Google Cloud Indonesia.

Google juga akan melakukan kolaborasi dengan Kementerian Kominfo terkait dengan program sertifikasi tersebut. Salah satu program yang akan didukung oleh Google adalah program Digital Talent. Google akan memberikan training dan juga sertifikasi kepada para peserta program unggulan Kemkominfo tersebut.