Youtube Hadirkan Fitur Dubbing Video dengan Bahasa Lain


YouTube

Ilustrasi YouTube

Kini Youtube menghadirkan proses dubbing video dalam bahasa lain yang lebih mudah dengan bantuan teknologi Artificial Intelligence (AI) atau kecerdasan buatan.

Fitur layanan dubbing bertenaga AI itu dibuat oleh tim Aloud yang merupakan inkubator Google Area 120.

Cara kerjanya cukup mudah, alat dubbing akan mentranskipkan video dan memberikan kreator transkripsi yang dapat ditinjau dan diedit.

Kemudian, teknologi AI akan menerjemahkan dan men-dubbing dari transkrip yang sudah diterjemahkan itu.

"Kami sudah menguji alat ini dengan ratusan kreator. Aloud sudah mendukung beberapa bahasa, termasuk bahasan Indonesia dan akan lebih banyak bahasa baru akan datang," kata Perwakian YouTube Amjad Hanif seperti dikutip The Verge.

Fitur baru itu dapat membantu YouTuber menambahkan dubbing multibahasa ke video mereka tanpa mengeluarkan biaya besar, sehingga lebih banyak audiens dapat dijangkau.

YouTube juga mengizinkan para kreator untuk menyertakan trek audio multibahasa dengan video mereka sejak Februari lalu.

Fitur tersebut masih dalam pengujian untuk beberapa kreator dan dapat diakses oleh penonton lebih luas.

Bagi penonton, untuk memilih suara berdasarkan bahasa yang diinginkan, cukup mengklik tombol pengaturan dalam video dan pilih opsi Track Audio.

Kemudian, deretan dubbing multibahasa yang tersedia akan muncul untuk dapat dipilih.

Selain itu, YouTube juga berencana untuk membuat trek audio yang dapat diterjemahkan dan disulih suarakan dengan suara yang mirip suara penciptanya, serta lebih banyak ekspresi dan sinkronasi bibir. Fitur tersebut dijadwalkan rilis 2024.


Bagikan artikel ini