Bangun Jaringan Transport 5G, Indosat Ooredoo Gandeng Huawei


Indosat Ooredoo

Logo Indosat Ooredoo

Indosat Ooredoo laksanakan kerja sama dengan Huawei Indonesia guna membangun jaringan transport 5G yang canggih serta dapat diprogram. Jaringan ini pun bersifat 5G ready dengan didukung teknologi segment routing IPv6 (SRv6).

Kerja sama antara Indosat Ooredoo dan Huawei Indonesia ini meliputi jaringan di Jabodetabek, Surabaya, serta wilayah Jawa Timur lainnya dan Bali. Jaringan tersebut akan menjadi implementasi pertama teknologi 5G secara komersial di Asia Pasifik.

Implementasi pertama 5G secara komersial tersebut menjadi kesempatan untuk tersedianya jaringan simple, scalable, agile dan andal untuk memenuhi kebutuhan pelanggan segmen retail dan bisnis.

Indosat Ooredoo sendiri saat ini melayani basis pelanggan yang terus berkembang dan sangat mengandalkan konektivitas. Permintaan pelanggan yang terus meningkat untuk konsumsi data seluler, serta munculnya teknologi seperti cloud computing dan network slicing pun mengharuskan Indosat Ooredoo untuk memastikan ketersediaan layanan jaringan yang cepat dan sesuai.

Maka dengan adanya teknologi 5G serta perluasan jaringan serat optik Indosat Ooredoo, permintaan pelanggan bisa terjawab dengan cepat. Selain itu, teknologi ini juga memungkinkan cloud computing dengan konektivitas data yang lebih cepat untuk memberikan pelayanan pada komunitas digital melalui metode yang jauh lebih otomatis.

Mempersiapkan layanan masa depan ini, Indosat Ooredoo telah melalui berbagai tahapan trasnformasi digital, di mana transformasi jaringan transport emrupakan kunci untuk mempersiapkan layanan generasi lanjut ini.

Setelah melakukan riset yang panjang dan mendalam terhadap jaringan yang ada serta sasaran pengembangan jaringan jangka panjang, Indosat Ooredoo pun memilih untuk menerapkan solusi IP SRv6 bersama dengan Huawei Indonesia, yang menyediakan fungsi routing cerdas SRv6 yangmemungkinkan jalur routing deterministik dan jaminan latensi.

Medhat Elhusseiny, Chief Technology and Information Officer Indosat Ooredoo menyampaikan, teknologi ini sebagai bagian dari perjalanan transformasi digital yang dilakukan oleh Indosat Ooredoo,menjawab kebutuhan retail dan bisnis yang meningkat untuk cloud computing, layanan IoT, serta kebutuhan jaringan yang on demand dan scalable.

“Kami sangat senang bermitra dengan Huawei untuk membangun infrastruktur jaringan generasi baru yang dapat diprogram dengan menghadirkan jaringan transport 5G-ready berbasis SRv6 pertama di Asia Pasifik. Dengan ini, kami berharap dapat memberikan nilai lebih dan meningkatkan pengalaman pelanggan kami untuk layanan digital terutama aplikasi yang real-time dan sensitif terhadap latency,” kata Medhat, Selasa (3/11/2020).

Sementara itu, Andy Ma, CEO Huawei Indonesia menambahkan bahwa Huawei Indonesia telah mendukung Indosat Ooredoo selama bertahun-tahun, dan sebuah kehormatan bagi pihaknya untuk membangun jaringan transport IP berbasis SRv6 yang cerdas serta berorientasi 5G.

“Huawei telah meluncurkan SLA IP pertama di industri untuk menyediakan layanan transmisi premium bagi berbagai industri vertikal di era 5G. Solusi tersebut telah digunakan secara luas di beberapa operator terkemuka di seluruh dunia. Huawei mengantisipasi jaringan transport IP bahkan lebih cerdas melalui kerja sama berkelanjutan kami dengan Indosat Ooredoo,” tutur Andy.


Bagikan artikel ini