Investree Kenalkan Platform AI untuk Penyaluran Pinjaman UMKM


UMKM Digital

Ilustrasi UMKM Digital

Investree Group dalam rangka menandai tujuh tahun berdiri perkenalkan platform berbasis teknologi artificial intelligence (AI) atau kecerdasan buatan yaitu Sahabat Bisnis dan AIForesee untuk memperkuat penilaian kredit (credit scoring). Hal ini untuk mendukung penyaluran pinjaman bagi UMKM.

AIForesee dan Sahabat Bisnis sendiri berada di bawah naungan Investree Singapore Pte Ltd yang memiliki fokus berbeda dengan induk usaha. AIForesee menghadirkan platform penilaian kredit alternatif untuk dapat mendukung penyaluran dana pinjaman produktif ke UMKM.

Platform ini akan mendukung UMKM untuk memahami skor kredit mereka sebelum mengajukan pinjaman ke lembaga jasa keuangan, termasuk pula platform pembiayaan. Layanan ini pun sudah tercatat di Otoritas Jasa Keuangan (OJK) sebagai penyelenggara Inovasi Keuangan Digital (IKD).

AIForesee sendiri menggunakan teknologi AI dan data alternatif yang dimiliki oleh ekosistem. Ai akan membantu menilai variabel seperti kesehatan finansial, perilaku pembayaran, hubungan bisnis dengan pelanggan, hingga tren media sosial untuk membantu memperkuat credit scoring.

Sementara Sahabat Bisnis atau SABI merupakan platform lending-as-as-service (LaaS) yang menyediakan akses pinjaman terintegrasi ke Usaha Mikro dan Kecil (UMK). SABI hadir untuk menjembatani ekosistem UMK yang membutuhkan dukungan modal dengan lembaga pembiayaan.

SABi juga memfasilitasi business health check untuk memeriksa kesehatan bisnis pelaku UMK dan penilaian kredit. Kolaborasi dengan AIForesee dalam ekosistem Investree menjadi salah satu penguatan inisiatif untuk memberikan solusi bisnis terpadu bagi UMKM.

“Pertumbuhan tidak akan terjadi tanpa adanya kolaborasi, ini salah satu yang menjadi fokus utama perusahaan sejak awal berdiri melalui penguatan kolaborasi dengan berbagai ekosistem agar lebih berdampak bagi pelaku UMKM,” ungkap Co-Founder & CEO Investree Indonesia Adrian Gunadi dalam keterangan resminya, melansir dari Daily Social, Selasa (13/12/2022).

Investree pun terus mendukung edukasi mengenai dana pinjaman bagi UMKM dan mendorong penguatan credit scoring, termasuk dalam hal pemanfaatan fintech. Hal ini untuk mendukung pemanfaatan fintech dengan baik dan meningkatkan pemenuhan kebutuhan modal bagi UMKM.


Bagikan artikel ini