IoT Punya Peran Penting Sebagai Solusi Industri Masa Depan


IOT

Ilustrasi IOT

Pada kegiatan Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Asosiasi Pendidikan Tinggi Informatika dan Komputer (APTIKOM) 2021, teknologi internet of things (IoT) dibahas sebagai salah satu teknologi dalam industri 4.0 yang memiliki peran penting untuk mendukung industri di masa yang akan datang.

Salah satu pemateri, Prof. DR. Teddy Surya Gunawan dari Internasional Islamic University Malaysia menjelaskan bahwa secara garis besar, terdapat beberapa hal penting terkait perkembangan teknologi. Hal penting tersebut antara lain adalah internet of things (IoT), survei adopsi komersial 2021, kerangka kerja IoT, kemajuan terbaru dalam artificial intelligence (AI), contoh aplikasi, dan ketangguhan teknologi nasional.

Prof. Teddy pun berpendapat bahwa dalam menyusun kerangka kerja IoT, terdapat beberapa hal penting pula yang perlu diperhatikan. Hal penting tersebut adalah things, connent, collent, learn, dan do. Adapun things berkaitan dengan perangkat IoT tersebut, seperti sensor, komputer, perangkat lunak, keamanan, pengemasan, hingga arsitektur.

"Kedua adalah koneksi [connent], yang berhubungan dengan pemilihan teknologi komunikasi berdasarkan jumlah data, seberapa jauh data yang dibutuhkan dan seberapa besar daya yang dimiliki. Ketiga adalah collent, yang merupakan cara-cara fundamental untuk mengumpulkan dan menyimpan data serta time series database," jelas Prof. Teddy dalam materinya, melansir dari Republika, Selasa (23/11/2021)

Hal penting keempat yang perlu diperhatikan adalah mempelajari semua yang berkaitan dengan alogaritma machine learning seperti output regresi, klasifikasi, deteksi anomali. Terakhir, adalah mengenai pekerjaan yang berhubungan dengan peningkatan kualitas layanan, mengurangi biaya layanan, model bisnis baru, penurunan biaya konsumsi, produk atau layanan berkualitas, dan peningkatan kesehatan.

Prof. Teddy juga menjelaskan bahwa IoT merupakan bagian dari industri 4.0, dan perannya dicontohkan dengan adanya turing tes yang dilakukan antara robot dengan manusia. Hal ini kemudian menandakan bahwa industri 4.0 sudah berkembang pesat, bahkan posisi manusia dapat juga dilakukan oleh robot.

Prof. Teddy pun menyimpulkan, bahwa IoT di masa yang akan datang akan mengalami peningkatan yang pesat, dan tentunya berdasarkan dengan analisis dan riset yang terus dilakukan berbagai pihak untuk menyongsong industri 4.0.

"Dalam waktu dekat, akan ada peningkatan eksponensial dari IoT dan komputasi, dan ketahanan teknologi nasional adalah sebuah keniscayaan," tutup Prof. Teddy.


Bagikan artikel ini