Kalbe Nutritionals Kembangkan Big Data, Bantu Atasi Stunting


Big Data

Ilustrasi Big Data

Kalbe Nutritionals atau PT Sanghiang Perkasa yang merupakan perusahaan nutrisi terbesar di Indonesia memahami bahwa proses digitalisasi dengan berbagai implikasinya memiliki peluang yang luar biasa. Tidak hanya bermanfaat untuk merevisi metode dan praktik bisnis, namun juga bisa merumuskan pola kehidupan sosial baru yang lebih baik melalui ekosistem big data.

Maka dari itu, bekerja sama dengan partner Google Cloud, PT All Data International, Kalbe Nutritionals kemudian melakukan pengembangan solusi big data untuk dapat menemukan solusi terbaik dan positif. Hal tersebut seperti meningkatkan operasional bisnis, lalu kinerja dan pengambilan keputusan yang lebih tepat.

Lebih jauh lagi, dengan melakukan pengembangan solusi big data maka Kalbe Nutritionals berharap untuk bisa memberikan kontribusi lebih banyak di sektor publik. Khususnya, untuk membantu pemerintah dalam program penurunan angka stunting di Indonesia bersama BKKBN.

Presiden Direktur Kalbe Nutritionals Ongkie Tedjasurja pun menyampaikan, pihaknya ikut serta untuk memberi sumbangsih terhadap penyediaan data dan produk nutrisi dalam membantu mengatasi masalah stunting dan malnutrisi di Indonesia.

Ongkie juga meyakini bahwa di tengah dunia yang sedang berubah cepat, Kalbe Nutitionals harus sigap untuk beradaptasi sehingga dapat tetap menjalankan perannya sebagai pemberi manfaat bagi banyak masyarakat.

Selain itu, Ongkie juga menyampaikan bahwa masyarakat saat ini dihadapkan pada kenyataan bahwa untuk hidup sehat serta memenuhi kehidupan negeri ini di masa depan, masyarakat harus menemukan nilai-nilai baru yang meneguhkan kehidupan dan membentuk pola hidup dan bekerja sama yang baru.

“Kita harus mampu memanfaatkan teknologi dengan cara yang benar, sehingga dapat membentuk masa depan layanan kesehatan dan menyelesaikan masalah yang ada. Salah satu cara mentransformasi industri kesehatan menjadi lebih efisien dan lebih terjangkau adalah melalui penggunaan solusi big data,” tutur Ongkie, melansir dari Kontan.co.id, Jumat (3/9/2021).

Big data sendiri menbuka peluang yang besar tidak hanya bagi para profesional di industri kesehatan, tetapi juga membuka sebuah potensi besar dalam kesehatan masyarakat, institusional,. Penelitian, layanan perawatan pasien, bahkan pada kebijakan kesehatan dan penerapannya di masyarakat.

Kalbe Nutritionals sendiri melihat kemunculan tren-tren baru seperti kebiasaan berbelanja yang beralih menggunakan ponsel dan tidak lagi mengunjungi toko fisik. Pengamatan pada cara-cara marketing baru ini lah yang membuat Kalbe Internationals melihat data sebagai hal penting.

“Ini membuat Kalbe Nutritionals menilai bahwa solusi big data menjadi sesuatu yang critical untuk marketing kami dan akan semakin dominan di masa yang akan datang. Peran digital dan data ini pun juga menjadi semakin penting,” tutur Joulmer, Head of CRM PT Karsa Lintas Buana (KALBE e-Health).

Sementara Presiden Direktur All Data International, Yani Purwanto menjelaskan bagaimana menerjemahkan data-data tersebut menjadi wawasan yang bermakna untuk pengambilan keputusan yang akurat.

“Kami harapkan agar hasil data processing ini dapat mendukung kinerja bisnis perusahaan serta dapat digunakan oleh Kalbe Nutritionals bersama BKKBN dalam Program Penurunan Angka Stunting di Indonesia,” ujar Yani.

All Data International yang merupakan partner Google Cloud tersertifikasi di Indonesia, disampaikan oleh Yani, memperoleh solusi cloud dari Google Cloud di tingkat perusahaan dengan memanfaatkan teknologi paling mutakhir dari Google untuk membantu perusahaan beroperasi dnegan lebih efisien dan beradaptasi sesuai kebutuhan.

“All Data International adalah perusahaan data analytics yang mengimplementasikan dan membuat use case untuk kebutuhan big data di Kalbe Internationals,” tambah Yani.

Sementara Ongkie sendiri optimis bahwa segala tantangan yang dihadapi oleh industri kesehatan di Indonesia dapat dihadapi dengan kolaborasi bersama pakar dengan memanfaatkan teknologi dan berbagai langkah terarah.


Bagikan artikel ini