Keren! Microsoft dan NBA ciptakan Stadion Virtual


Artificial Intelligence

Ilustrasi Artificial Intelligence

Disaat pandemi ini, aturan jarak sosial berlaku di seluruh dunia. Kegiatan-kegiatan yang menimbulkan pertemuan besar banyak dilarang demi meminimalisir resiko tertular virus. Salah satunya yaitu pertandingan bola basket National Basketball Association (NBA). Namun hal ini justru menjadi langkah untuk melakukan inovasi.

Kolaborasi Microsoft, sebuah perusahaan multinasional dengan National Basketball Association (NBA), liga bola basket pria di Amerika Serikat berhasil membuat Stadion Virtual, agar masyarakat dapat merasakan euforia menonton pertandingan basket secara nyata. Inovasi baru pada Stadion Itu dibuat dengan mengandalkan artificial intelegence (AI) dan teknologi mutakhir lainnya. kegiatan normal yang biasa dilakukan seperti menghadiri pertemuan besar tidak mungkin bisa lagi.

Ide penciptaan Stadion Virtual ini berawal dari Kondisi pandemi yang melanda hampir di seluruh dunia. Penggemar bola basket pasti merindukan untuk menonton pertandingan di lapangan

Jadi, dengan menggunakan Microsoft Teams, penggemar NBA dapat menonton pertandingan bersama secara langsung. Penggunaan AI membantu mendeteksi pengguna dan memotong bagian bahu mereka untuk dijadikan semacam avatar.

Selain itu, di stadion NBA aslinya, nanti akan dipasangi papan video 17 kaki yang mengelilingi lapangan. Fungsinya untuk membantu memberi pemain ilusi bahwa ada orang-orang yang hadir menonton.

Para penggemar NBA dapat mendukung tim mereka secara digital melalui aplikasi NBA dan NBA.com serta di Twitter menggunakan tagar tim selama pertandingan. Penggemar dapat bersorak secara virtual dan akan tercermin di papan video di tempat dengan grafis dan animasi yang disesuaikan dengan tingkat keterlibatan penggemar di seluruh dunia.

"Sebagai tambahan, semua penonton akan memiliki kemampuan untuk mempengaruhi efek visual di lapangan lewat pengalaman sorakan virtual. Para penggemar bisa secara digital bersorak kepada tim mereka lewat aplikasi NBA dan NBA.com dan Twitter menggunakan hashtag tim sepanjang pertandingan. Sorakan virtual itu akan terpancar pada papan video dalam lapangan dengan grafis dan animasi yang menyamai sorakan penonton di dunia nyata," ujar NBA, Jumat (23/7/2020).

Teknologi ini dapat membuka banyak peluang di masa mendatang. Para penggemar olahraga di negara-negara lain juga bisa ikut serta dan dapat merasakan euforia pertandingan olahraga.