Kolaborasi AWS dan NVIDIA Tawarkan Infrastruktur Generatif AI


Logo AWS & NVIDIA

Logo AWS & NVIDIA

Amazon Web Services (AWS) mengumumkan perluasan kolaborasi strategisnya dengan pemimpin teknologi GPU, NVIDIA. Langkah ini bertujuan untuk menghadirkan infrastruktur, software, dan layanan tercanggih yang mendukung inovasi kecerdasan buatan (AI) generatif pelanggan.

Kolaborasi yang telah berlangsung selama lebih dari 13 tahun ini memasuki babak baru dengan fokus pada penggabungan teknologi terbaik NVIDIA dan AWS.  “AWS dan NVIDIA telah berkolaborasi selama lebih dari 13 tahun, dimulai dengan cloud GPU pertama di dunia. Saat ini, kami menawarkan solusi GPU NVIDIA terluas untuk beban kerja termasuk grafis, gim, komputasi kinerja tinggi, pembelajaran mesin, dan kini, AI generatif,” kata Adam Selipsky, CEO di AWS dalam pengumumannya pada Rabu, 29 November.

Puncak dari kolaborasi ini adalah penggabungan Grace Hopper Superchip generasi berikutnya dari NVIDIA dengan jaringan kuat Elastic Fabric Adapter (EFA) AWS, clustering skala besar EC2 UltraClusters, dan kemampuan virtualisasi tingkat lanjut Nitro. Selipsky menegaskan komitmen untuk terus berinovasi bersama NVIDIA, menjadikan AWS sebagai tempat terbaik untuk menjalankan GPU.

Jensen Huang, pendiri dan CEO NVIDIA, menambahkan, “Didorong oleh misi bersama untuk menghadirkan AI generatif yang hemat biaya dan canggih kepada setiap pelanggan, NVIDIA dan AWS berkolaborasi di seluruh tumpukan komputasi, mencakup infrastruktur AI, perpustakaan akselerasi, model dasar, hingga layanan AI generatif.”

Perangkat lunak NVIDIA di AWS juga memberikan dampak positif pada inovasi layanan dan operasi Amazon. AWS akan menggunakan kerangka kerja NVIDIA NeMo untuk melatih model bahasa alam Amazon Titan generasi berikutnya, menandai langkah signifikan dalam pengembangan kecerdasan buatan di platform AWS.

Sementara itu, Amazon Robotics tidak ketinggalan dalam memanfaatkan teknologi canggih. Mereka telah mulai mengintegrasikan NVIDIA Omniverse Isaac untuk membangun digital twins yang memungkinkan otomatisasi, optimisasi, dan perencanaan gudang secara virtual sebelum diimplementasikan di dunia nyata.

Kolaborasi strategis antara AWS dan NVIDIA tidak hanya membawa pengalaman komputasi yang lebih canggih untuk pelanggan, tetapi juga menandai tonggak baru dalam evolusi kecerdasan buatan dan teknologi GPU. Para pelaku industri dengan antusias menantikan bagaimana perkembangan ini akan membentuk masa depan AI generatif.


Bagikan artikel ini