Line Integrasikan Solusi AI Lewat Line Clova


Line Aplikasi

Ilustrasi Aplikasi Line

  

Line menggelar Line AI Day 2020 bertema membentuk pondasi normal baru dengan produk dan solusi artificial intelligence (AI) atau kecerdasan buatan Line. Pada Line AI Day kali ini, Line juga mengumumkam integrasi solusi AI miliknya, yakni Clova dan Line Brain yang digabungkan menjadi satu, yakni Line Clova. Integrasi ini menyediakan berbagai solusi AI yang terbagi ke dalam tiga pilar, yakni Teknologi, Solusi, dan Perangkat.

Dengan penggabungan kedua layanan AI tersebut, Line berupaya menyediakan ragam solusi yang bermanfaat bagi pengguna. CEO Line AI Company Shinichiro Isago menjelaskan, solusi AI dari Line dimulai dengan peluncuran Clova, asisten AI yang fungsional bagi pengguna. Hal itu diungkapkan dalam konferensi yang berlangsung secara virtual (29/07/2020).

Dengan Clova pengguna dapat mengecek cuaca, memutar musik, dan mengirim maupun menerima pesan Line hanya dengan menggunakan suara mereka.

"Fungsi-fungsi ini didukung teknologi AI seperti pengenalan suara dan speech synthesis," jelas Isago.

Line juga meluncurkan Line Brain yakni sebuah bisnis baru yang dibangun untuk mengembangkan sekaligus memasarkan teknologi AI yang dibuat Line ke sejumlah perusahaan. Penggabungan Clova dan Line Brain menjadi Line Clova, akan menyediakan ragam solusi yang bermanfaat bagi kehidupan sehari-hari penggunanya.

Line Clova juga menyediakan solusi AI seperti chatbot, Optical Character Recognition (OCR), pengenalan suara, hingga pengenalan wajah. Selain itu, Line Clova juga menyediakan solusi untuk beragam industri dengan menghadirkan Clova Assistant, Line AiCall dan Line eYKC. Adapun untuk solusi perangkat yang dihadirkan berupa Clova Friends, Clova Friends Mini, Clova Desk, dan Clova WAVE.

Di gelaran tahun ini, perusahaan turut menegaskan tujuannya dalam mengaplikasikan visi 'Life on Line'. Jadi, dengan visi ini, Line berupaya mendukung kehidupan sehari-hari pengguna selama 24 jam sehari.

"AI menjadi elemen penting dalam mewujudkan visi, 'Life on Line' sehingga Line mempromosikan transformasi digital dengan menggunakan teknologi AI di setiap layanan yang dikembangkan guna meningkatkan pengalaman pengguna," tutup Isago.

Maka dar itu, AI menjadi elemen penting untuk mewujudkan visi ini. Visi tersebut ditunjang pula dengan misi 'Closing the Distance' untuk mengembangkan beragam layanan demi meningkatkan kualitas hidup manusia. Salah satu contoh pemanfaatan solusi ini adalah penggunaan Line AiCall untuk layanan reservasi di restoran.

Teknologi dengan otomatis menerima dan mengonfirmasi reservasi dengan menjawab panggilan telepon yang masuk. Tidak seperti mesin penjawab telepon biasa, teknologi ini dapat mengenali suara pelanggan dan memberikan respon yang tepat. Sebagai informasi, Aplikasi Line diluncurkan pada 23 Juni 2011 oleh NHN cabang Jepang setelah terjadinya gempa bumi di Jepang.