Lintasarta Berikan Layanan VPS Berbasis Big Data


Lintasarta

Lintasarta

Pemerintah sedang berupaya melakukan akselerasi transformasi digital dengan menyiapkan Roadmap Digital Indonesia 2021-2024 yang mencakup empat sektor strategis, yaitu infrastruktur, pemerintahan, ekonomi, dan masyarakat digital. Menyikapi langkah itu Lintasarta terus berinovasi melalui berbagai solusi industri yang ditawarkan untuk mendorong penerapan transformasi digital. 

“Kolaborasi pemerintah dengan mitra bisnis untuk meningkatkan transformasi digital menjadi hal utama yang harus dilakukan untuk mencapai tujuan tersebut, termasuk juga dukungan dari pihak akademisi,” ucap Marketing & Solution Director Lintasarta Ginandjar, dalam pemaparannya pada acara The 8th International Conference on ICT for Smart Society 2021 yang diselenggarakan 2-4 Agustus 2021 secara virtual. 

Ginandjar menuturkan, Estonia patut menjadi contoh dalam penerapan digitalisasi di segala bidang. Tak heran, hampir seluruh kegiatan ataupun layanan publik telah dilaksanakan secara digital di negara tersebut. “Digital society di Estonia bisa kita katakan cukup maju di dunia, karena hampir seluruhnya dilaksanakan menggunakan sistem digital seperti KTP, pajak, pendirian perusahaan, perbankan dan pemungutan suara semuanya telah dilaksanakan secara online,” katanya. 

Sedangkan di Indonesia, lanjutnya, penggunaan jaringan internet masih lebih banyak dilakukan untuk kegiatan yang berkaitan dengan sosial media. Sementara penggunaan jaringan internet untuk layanan publik hingga tahun 2020 masih tercatat rendah.

“Di Indonesia memang masih banyak wilayah yang belum ter-cover jaringan internet sepenuhnya. Ini menjadi tantangan bersama agar seluruh masyarakat Indonesia dapat menikmati fasilitas internet termasuk wilayah 3T (Tertinggal, Terdepan, dan Terluar). Saat ini penyediaan akses internet di wilayah tersebut telah menjadi prioritas pemerintah,” paparnya. 

Untuk itu, katanya, Lintasarta turut serta dalam berbagai program pemerintah untuk peningkatan transformasi digital di Indonesia, termasuk memperluas cakupan jaringan internet di wilayah 3T. Lintasarta memberikan layanan shared-service infrastructure (VPS), memberikan solusi Big Data dan  menerapkan integrasi data di beberapa kota melalui produk smart city yakni SKOTA serta memberikan solusi digital dalam satu aplikasi. 

Sebagai perusahaan ICT, Lintasarta berharap dapat membantu percepatan transformasi digital melalui berbagai solusi yang dimiliki. SKOTA merupakan produk Lintasarta yang memberikan solusi digital bagi pemerintahan kota atau daerah dalam mengelola masyarakat agar lebih sejahtera atau dikenal dengan solusi smart city. 


Bagikan artikel ini