Lintasarta Perkenalkan Sistem Peringatan Banjir Berbasis IoT


Lintasarta

Lintasarta

Lintasarta, perusahaan Information and Communication Technology (ICT) total solution, memperkenalkan sistem peringatan dini bencana banjir (early warning system) berbasis internet of things (IoT) untuk membantu pemerintah kota/daerah menanggulangi banjir.

Fitur canggih tersebut ditampilkan dalam acara peluncuran 5G Indosat Ooredoo yang diselenggarakan pada 16 Desember 2021, di Balikpapan, Kalimantan Timur. Acara ini sekaligus mendukung persiapan Ibu Kota Negara (IKN) di Indonesia, Penajam Paser Utara yang terletak dekat dengan Balikpapan.

Dalam mendukung pemerintah Indonesia mempersiapkan Ibu Kota baru, Lintasarta telah menyiapkan solusi-solusi kota pintar atau smart city. “Konsep kota pintar tidak selalu terkait dengan teknologi, tetapi juga perubahan sikap masyarakatnya. Selain dari sensor IoT water level, fitur early warning system yang dimiliki SKOTA Data by Lintasarta juga memungkinkan pemerintah menerima laporan secara real-time dari masyarakat terkait insiden yang terjadi di lokasi tertentu, termasuk banjir. Dengan demikian, pemerintah dapat mengambil keputusan dengan cepat berdasarkan data yang ditampilkan,” kata Lintasarta Marketing and Solution Director, Ginandjar dalam keterangan tertulis yang dikutip melalui Berita Satu, Selasa (21/12/2021).

Fitur early warning system akan memberikan notifikasi peringatan melalui beberapa kanal seperti website (desktop/command center), mobile apps, dan SMS. Notifikasi ini akan muncul ketika sensor mengindikasikan terdapat insiden yang sudah melebihi parameter tertentu.

Ginandjar memaparkan, SKOTA merupakan Solusi Kota milik Lintasarta yang membantu industri pemerintahan dalam memberikan layanan smart city terbaik pada masyarakat kota dan daerah. SKOTA menawarkan solusi menyeluruh yang terbagi dalam beberapa tahapan, mulai perencanaan, implementasi, hingga sosialisasi pada masyarakat.

Adapun data yang diintegrasikan solusi ini mencakup informasi kota, aplikasi OPD, e-Government, IoT, CCTV, sistem kesehatan, smart farmer, smart tourism, smart campus atau sistem pendidikan, sistem ekonomi, laporan masyarakat, dan lain-lain.

Didukung dengan teknologi canggih dari para partner ternama, SKOTA Data by Lintasarta kini sudah diimplementasikan di berbagai kota di Indonesia, termasuk di Badung, Bali dan Mimika, Papua. “Membangun Indonesia melalui teknologi menjadi komitmen Lintasarta selama lebih dari 33 tahun, dan kolaborasi sebagai salah satu kunci sukses dalam mendukung tujuan tersebut,” ucap Ginandjar.


Bagikan artikel ini