Literacy Cloud, Platform Buku Digital Anak


perpustakaan

LiteracyCloud.org, sebuah platform buku digital berkualitas untuk dibaca oleh anak. Platform ini hadir untuk menemani pembelajaran di rumah atau daring lebih menyenangkan dan berkualitas. LiteracyCloud.org dikembangkan oleh Room To Read bekerja sama dengan Google.org.

LiteracyCloud.org hadir di saat sekolah meniadakan kegiatan belajar mengajar selama masa pandemi covid-19. Sementara orang tua dan guru membutuhkan sarana untuk melanjutkan kegiatan literasi di rumah. Di dalam platform itu terdapat lebih dari 200 buku cerita digital yang telah dikembangkan dan dipilih untuk mendukung pengembangan literasi anak. LiteracyCloud.org diperkenalkan bertepatan dengan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) 2020 kepada guru dalam kegiatan pelatihan daring.

"Kami bekerja bersama pemerintah dan mitra-mitra pendidikan agar mampu menjangkau sekolah di seluruh wilayah di Indonesia. Melalui Literacy CLlud, kami ingin berbagi buku-buku berkualitas dengan lebih banyak kepada guru, pendidik, orang tua dan tentu saja, anak-anak," ujar CEO Room to Read, Geetha Murali (2/5/2020).

Koordinator Fungsi Penilaian SD, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Eko Warisdiono mengatakan kegiatan ini merupakan salah satu bentuk kolaborasi antara Pemerintah dengan pihak yang kompeten untuk memanfaatkan fasilitas yang ada dan saling belajar. Ia menambahkan, latihan ini dapat dimanfaatkan oleh guru untuk mempelajari hal-hal baru.

"Kita perlu terus berinovasi untuk mengembangkan kemampuan peserta didik, terutama dalam bidang literasi. Literacy Cloud, yang berupa perpustakaan digital, telah menambah perbendaharaan kita, menambah akses sumber belajar," ujar Eko dalam keterangan tertulis, Jumat (15/5/2020).

Room to Read mengadakan pelatihan di DKI Jakarta dengan diikuti oleh 496 guru. Konsep senada dilakukan juga pada bulan Maret dengan mengadakan Seminar Nasional secara online yang melibatkan 200 guru dari 97 kota di Indonesia. Selain itu, LiteracyCloud.org juga menawarkan video-video pembelajaran untuk membantu membangun kegiatan membaca yang menyenangkan bersama anak.

Dalam pelatihan online, para guru bergabung dalam diskusi interaktif yang didukung dengan sesi demonstrasi, diskusi aktif, dan presentasi video. Para guru juga mendapatkan pengetahuan dasar mengenai buku bacaan dan cara membaca yang menarik. Selain itu, para guru juga berbagi pengalaman dan kegiatan membaca yang telah mereka jalankan. Tidak ketinggalan, mereka juga melakukan praktik baca buku di LiteracyCloud.org.

Sebagai informasi, Room to Read bekerja untuk mendukung literasi sekolah dasar di 16 negara dunia, termasuk Indonesia. Room to Read hadir di Indonesia sejak 2014 dengan membangun perpustakaan ramah anak, menyelenggarakan pelatihan untuk guru, serta menyebarkan semangat literasi melalui kegiatan membaca yang menyenangkan.

Melalui LiteracyCloud.org, Room to Read membuat lebih banyak anak, guru, dan sekolah bisa mendapat akses ke buku cerita berkualitas yang mendukung proses membaca dan belajar dengan cara yang baru dan inovatif.