Manfaatkan Teknologi Cloud Agar Lancar Berbisnis di Masa Pandemi


Layanan Cloud Computing

Ilustrasi Layanan Cloud Computing

Di era digital, UKM tak bisa bekerja sendirian untuk mengembangkan usaha mereka, melainkan perlu memanfaatkan teknologi sebagai ‘kendaraan’ untuk mencari mitra, pelanggan, dan mengelola data.

Sinergi antara pemerintah dan penyedia layanan teknologi juga diperlukan untuk akselerasi UKM menuju digital, misalnya melalui inisiatif pelatihan talenta digital, hingga pengenalan terhadap teknologi baru yang mudah diaplikasikan pada usaha mereka.

Terdapat tiga cara sederhana untuk pemanfaatan teknologi bagi UKM, yang pertama ialah platform komunikasi virtual yang tepat. Sebuah unit bisnis harus memastikan karyawannya memiliki perangkat digital penunjang pekerjaan, serta media berkomunikasi tanpat gangguan dimana pun mereka berada.

Platofrm tersebut diklaim dapat menunjang kegiatan perusahaan besar UKM dan perusahaan rintisan. Penggunaan platform komunikasi yang tepat juga dapat mendorong produktivitas karena kemudahan yang ditawarkan.

Cara yang kedua adalah keamanan siber. Keamanan menjadi faktor utama yang menentukan keberhasilan sebuah bisnis. Namun, perusahaan startup dan UKM sangat rentan terkena serangan siber pada platform mereka.

Selanjutnya, cara yang terakhir adalah mengelola data bisnis. Data merupakan aset berharga yang memerlukan strategi jitu untuk mengelolanya, baik terkait bisnis maupun rencana kerja ke depan yang berkaitan dengan transformasi digital.

UKM bisa mencoba solusi penyimpanan konfigurasi data secara router maupun cloud dengan dashboar berbasis web yang mudah dikelola dan aman. Pengelolaan data yang baik akan memudahkan pekerjaan saat berada di kantor maupun di rumah secara jarak jauh, karena data mudah didapatkan dari cloud kemudian diolah untuk keperluan bisnis.