MediaTek Kenalkan Konsep Ambient Computing dan Chip Kompanio


Cloud Computing

Ilustrasi Cloud Computing

Ajang Mobile World Congress (MWC) Barcelona 2024 menjadi saksi dari inovasi terbaru MediaTek yang memperkenalkan konsep Ambient Computing, sebuah terobosan yang berbasis kecerdasan buatan (Artificial Intelligence) untuk meningkatkan efisiensi kinerja perangkat. Ambient Computing merupakan integrasi teknologi yang memungkinkan pengguna untuk menjalankan aplikasi berat dengan mendistribusikan beban kerja ke berbagai perangkat yang terhubung, menghadirkan pengalaman pengguna yang mulus dan seamless.

Nicole Li, dari Marketing Communications MediaTek, menjelaskan bahwa konsep ini membawa pengalaman baru bagi pengguna perangkat seperti kacamata pintar (smart glasses) dan smartphone. Dengan memanfaatkan daya komputasi dari smartphone, smart glasses dapat menjalankan aplikasi berat dengan resolusi yang tinggi. Konsep ini mirip dengan mekanisme bermain game berbasis cloud, di mana beban komputasi didistribusikan secara dinamis untuk meningkatkan kinerja aplikasi.

"Sebagai contoh, ketika menggunakan kacamata pintar (smart glasses) dan smartphone, kita bisa memanfaatkan daya komputasi smartphone tersebut agar smart glasses dapat menjalankan aplikasi berat dengan resolusi yang tinggi," kata Nicole Li, dikutip dari KompasTekno, Selasa (27/2/2023). 

Integrasi Ambient Computing

Integrasi Ambient Computing tidak hanya terbatas pada perangkat pengguna, tetapi juga dapat dilakukan dengan server menara base station. Menara base station tidak hanya berfungsi sebagai penyedia konektivitas internet, tetapi juga dapat dimanfaatkan sebagai sumber daya komputasi. Dengan demikian, operator seluler dapat memanfaatkan infrastruktur yang ada untuk meningkatkan layanan mereka dan mencari sumber daya komputasi tambahan.

Dalam demo singkat yang dipertunjukkan di booth MediaTek, konsep teknologi ini diilustrasikan dengan menggunakan satu tablet, satu smartphone, satu laptop, jaringan 5G mini, dan server. Saat sebuah aplikasi dijalankan di tablet, semua pemrosesan termasuk CPU dilakukan di dalam perangkat tersebut. Namun, dengan menghubungkan kedua perangkat lainnya melalui Wi-Fi, sumber daya dapat didistribusikan sehingga tablet utama tidak terlalu terbebani. 

Sebagai contoh, dalam situasi di mana satu tablet harus memproses lima model tiga dimensi (3D) secara bersamaan, distribusi sumber daya memungkinkan tablet tersebut memproses satu model, sementara smartphone dan laptop masing-masing memproses dua model. Konsep ini menjanjikan penggunaan yang lebih efisien dari sumber daya perangkat dan pengalaman yang lebih lancar bagi pengguna.

Fleksibilitas Distribusi Sumber Daya

Dalam skenario demonstrasi, tablet memproses satu model tiga dimensi (3D), sementara smartphone dan laptop juga terlibat dalam pemrosesan model yang sama. Distribusi sumber daya ini dapat berubah sesuai dengan kebutuhan dan kondisi perangkat yang terhubung. Sistem secara dinamis mengecek kemampuan dan ketersediaan perangkat untuk berbagi tugas, sehingga memastikan penggunaan sumber daya yang efisien.

Namun, perlu dicatat bahwa tidak semua perangkat dapat bergabung untuk berbagi tugas, mengingat perbedaan kapasitas memori dan CPU. Meskipun demikian, konsep Ambient Computing membuka peluang baru dalam meningkatkan efisiensi kinerja perangkat dengan memanfaatkan sumber daya yang tersedia.

Perkenalan MediaTek Kompanio

Selain memperkenalkan konsep Ambient Computing, MediaTek juga memperkenalkan produk unggulannya, yaitu Kompanio, dalam ajang MWC 2024. Chipset MediaTek Kompanio didesain khusus untuk perangkat Chromebook, menyasar beragam kebutuhan seperti pembelajaran, aktivitas bisnis, streaming, dan konferensi video. 

Chromebook memberikan kebebasan kepada pengguna dari keterbatasan komputasi mobile dengan memadukan layanan awan (cloud) dan keunggulan perangkat keras. Diklaim memiliki responsivitas tinggi, Chromebook dengan chipset MediaTek memungkinkan pengguna untuk melakukan multitasking dengan lancar. Selain itu, chipset ini mendukung layar resolusi Full HD hingga 4K, kamera resolusi tinggi, serta teknologi terbaru Wi-Fi dan Bluetooth. Keunggulan lainnya, Kompanio dirancang untuk hemat baterai tanpa mengorbankan performa, menawarkan pengalaman pengguna yang optimal dalam penggunaan Chromebook.

Dengan pameran teknologi terbaru seperti Ambient Computing dan MediaTek Kompanio, MediaTek sekali lagi membuktikan posisinya sebagai pemimpin dalam industri teknologi. Konsep Ambient Computing menghadirkan pengalaman baru dalam mengoptimalkan kinerja perangkat, sementara MediaTek Kompanio memberikan solusi yang efisien untuk kebutuhan komputasi modern. Dengan terus berinovasi, MediaTek menegaskan komitmennya untuk memberikan teknologi terdepan yang menjawab tuntutan zaman.


Bagikan artikel ini