Menkominfo: Perancis Siap Danai Pembangunan Data Center RI


Kementerian Komunikasi dan Informatika (Menkominfo), Johnny G. Plate

Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo), Johnny G. Plate

 

Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo), Johnny G. Plate mengatakan pemerintah Perancis mendorong percepatan pembiayaan dan pembangunan data center di Indonesia. Hal itu diutarakan Duta Besar Perancis untuk Indonesia, Olivier Chambard saat melakukan kunjungan kehormatan di kantor pusat Kementerian Komunikasi dan Informatika, Jakarta, Jumat (17/7/2020).

“Secara khusus hari ini Dubes menyampaikan komitmen pemerintah Perancis untuk terlibat dalam pembiayaan dan mengambil bagian di dalam pembangunan data center pemerintah di Indonesia yang dibiayai oleh pemerintah Perancis," ujar Johnny G. Plate melalui keterangan resminya, Jumat (17/7).

Namun dari pihak Menkominfo maupun Duta besar Perancis tidak merinci secara detail jumlah dana yang digelontorkan untuk pembangunan data center Tanah Air.

Pada Mei 2020, Direktur Jenderal Aplikasi Informatika Kemenkominfo, Semuel Abrijani Pangerapan mengatakan pembangunan Pusat Data Nasional ditargetkan akan selesai pada tahun ini.

"Kita sedang mempersiapkan juga yang namanya Data Center Nasional, bapak sudah kirim suratnya ke Bu Menteri dan Pak Menteri Bappenas untuk percepatan, mudah-mudahan tahun ini bisa kita selesaikan, dan sudah mulai pembangunannya," ujar Semuel melalui streaming, Minggu (24/5).

Johnny G.Plate menjelaskan Pusat Data Nasional, jaringannya akan diintegrasikan ke data-data pemerintah dengan sistem keamanan yang berlapis dan memadai, sehingga sesuai dengan standar keamanan yang berlaku. Pusat data yang akan dibangun juga diharapkan mampu mencegah terjadinya perpindahan data dari satu lembaga ke lembaga lainnya dan lebih memperkuat ketahanan data serta informasi nasional.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo meminta Kemenkominfo agar menyelesaikan aturan pusat data di Indonesia dalam waktu satu minggu. Percepatan aturan ini berkaitan dengan janji Jokowi kepada Microsoft yang akan membangun data center di Indonesia usai acara Microsoft Digital Economy Summit 2020 di Hotel Ritz Carlton Jakarta, Kamis (27/2).