Microsoft dan Amazon Bersaing Dalam Bidang Cloud


Bisnis penyimpanan dan pemrosesan data lewat jaringan digital yang sering  disebut Cloud  saat ini didominasi oleh raksasa teknologi AS Amazon. Sementara di Eropa, pelaku bisnis dan pemerintahan gagal mencapai kesepakatan membentuk layanan Cloud untuk menandingi layanan cloud dari AS tersebut.

Bagi banyak perusahan, layanan Cloud memang lebih murah dan praktis. Hal tersebut dikarenakan perusahaan tidak perlu melakukan investasi besar dan membeli peralatan sendiri untuk membuat sarana penyimpanan dan pemrosesan data.

Layanan cloud yang saat ini semakin banyak digunakan membuat Amazon mendapatkan saingan baru Microsoft. Persaingan tersebut hingga ke layanan cloud untuk video game, yang membuat Microsoft tidak mau kalah dengan Amazon yang terlebih dahulu menggandeng layanan video Gim Twitch, sehingga memungkinkan para gamer dapat saling menonton pertandingan online dan disediakan juga GameSparks untuk layanan back-end bagi pembuat game tersebut.

Dengan begitu Microsoft pun mengumumkan akan menggabungkan unsur-unsur yang ada di video game dan adanya bisnis cloud computing untuk para pengembang. Microsoft pun akan mulai meluncurkan Microsoft Game Stack. Layanan tersebut memungkinkan pengembang Gim untuk dapat melakukan hal seperti host multiplayer Gim dan adanya penyesuaian pemain dengan tingkat (level) kemampuan yang sama dalam pertandingan. Layanan ini pun didesain agar dapat dimainkan di berbagai perangkat seperti pada sistem operasi Google dan Apple.

"Ketika melihat tempat kami dalam bisnis Gim dan Cloud seperti Azure serta layanan lain yang ditawarkan Microsoft, kami melihat semakin banyak sinergi," ujar Wakil Presiden Eksekutif Microsoft untuk Gaming, Phil Spencer.

Dalam hal tersebut membuat Kepala Peneliti Game di IHSMarkit, Piers Harding-Rolls mengungkapkan bahwa untuk saat ini Amazon lebih unggul dari Microsoft dalam hal layanan Cloud dalam pembuatan Gim. Dengan adanya Microsoft Game Stack diharapkan dapat mengalahkan dominasi Amazon dalam hal layanan Gim.