Pemkot Makassar Hadirkan Metaverse Bersama WIR Group


Realitas Virtual Metaverse

Realitas Virtual Metaverse

Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar menjalin kerja sama dengan WIR Group untuk mengembangkan platform metaverse Kota Makassar. Hal ini pun ditandai dengan penandatanganan nota kesepahaman oleh Walikota Makassar Danny Pomanto dan Executive Chairman WIR Group Daniel Surya, Selasa (15/3/2022).

Pengembangan platform metaverse Kota Makassar sendiri merupakan upaya Pemkot untuk mengadopsi teknologi digital dengan menghadirkan virtual reality (VR) yang bisa memberikan manfaat, khususnya bagi masyarakat Makassar.

Walikota Makassar Danny Pomanto menyampaikan, bahwa melalui kerja sama ini Kota Makassar akan memiliki realitas virtual, yang harapannya bisa bermanfaat bagi masyarakat dengan kemajuan teknologi digital. Teknologi digital ini disebut pula dapat memberikan nilai tambah, terutama dalam hal pelayanan pemerintah daerah terhadap masyarakat.

“Selain itu, platform metaverse juga memiliki potensi yang besar untuk masyarakat bisa berinteraksi, bekerja, belajar, dan berkarya,” tutur Danny dalam pernyataannya, Selasa (15/3/2022).

Sementara bagi WIR Group, kerja sama pengembangan metaverse untuk Kota Makassar ini menegaskan komitmen perusahaan untuk mengembangkan platform metaverse seperti yang telah dikembangkan di kota-kota lain. Kota-kota tersebut diantaranya adalah Jakarta, Bali, hingga Ibu Kota Negara (IKN) baru.

Chief Metaverse Officer WIR Group Stephen Ng pun menuturkan, bahwa metaverse Kota Makassar akan hadir dengan tata kelola yang kredibel seperti yang sudah dikembangkan di kota-kota lain. Selain itu, pengembangan metaverse juga berdasarkan nilai-nilai dan kearifan lokal serta budaya bangsa.

Stephen juga menuturkan bahwa pengembangan metaverse Kota Makassar adalah hal positif yang menambahkan satu fase penting dalam rangkaian pengembangan ekosistem untuk mendukung platform Metaverse Indonesia.

“Pembangunan Metaverse Indonesia memang membutuhkan waktu cukup lama dan dilakukan secara bertahap hingga tahun 2024, mengingat pengembangannya memiliki kompleksitas yang tinggi,” tambah Stephen.

Sebelumnya, WIR Group yang masuk dalam daftar Metaverse Companies to Watch in 2022 versi Forbes GE telah menjalin kolaborasi dengan berbagai entitas di berbagai sektor untuk turut serta bergabung dalam ekosistem Metaverse Indonesia. 

Kolaborasi tersebut dilakukan diantaranya dengan PT Bank Rakyat Indonesia (BRI), PT Bank Negara Indonesia (BNI) untuk sektor perbankan, Trisakti School of Multimedia untuk sektor pendidikan, hingga properti budaya dan kuliner dengan Museum Boga Indonesia.

WIR Group pun akan memperkenalkan prototipe Metaverse Indonesia yang dirancang dengan platform berbasis teknologi kecerdasan buatan atau artificial intelligence (AI), virtual reality (VR), serta augmented reality (AR) pada dunia internasional melalui Presidensi G20 Indonesia 2022 di Bali.


Bagikan artikel ini