Perusahaan Cloud Bespin Global Perluas Jejak di Indonesia


Transformasi Digital

Ilustrasi Transformasi Digital

Bespin Global, perusahaan cloud computing dan transformasi digital berbasis di Korea Selatan, telah mengumumkan ekspansi ke pasar cloud Indonesia. Dengan fokus pada big data, machine learning, dan AI, perusahaan ini merencanakan pertumbuhan tiga kali lipat hingga tahun 2024, menyasar segmen digital dan korporasi.

Mengacu pada proyeksi data dari Statista, Bespin Global membidik pasar AI generatif Indonesia yang diprediksi mencapai US$328,4 juta pada 2024 dan melonjak hingga US$1,14 miliar pada 2030. Gartner, lembaga riset global, memperkirakan nilai pasar public cloud Indonesia mencapai US$1,43 miliar pada 2023, dengan pertumbuhan tingkat pendapatan rata-rata tahunan sebesar 17,78% hingga 2027.

Dorongan pertumbuhan ini didukung oleh migrasi perusahaan ke public cloud, seiring lebih dari 60% organisasi di Indonesia dan Asia Tenggara yang menjadikan ketahanan infrastruktur digital sebagai prioritas utama. Bespin Global, dengan pengalaman melayani 4.500 pelanggan, telah membukukan keberhasilan dalam mengurangi biaya operasional klien hingga 60%.

Bespin Global telah bekerja sama dengan sektor keuangan, perhotelan, kesehatan, dan teknologi di Indonesia sejak resmi memasuki pasar pada tahun 2022. Dalam upaya mendukung pertumbuhan dan transformasi yang berkelanjutan, Country Director Bespin Global Indonesia, Anissa Sharmanti, meyakinkan bahwa solusi inovatif perusahaan akan memainkan peran kunci di lanskap cloud dan AI Indonesia.

“Kami yakin bahwa solusi inovatif Bespin Global akan memainkan peran penting dalam membentuk lanskap cloud dan AI di Indonesia, serta memberikan kontribusi signifikan terhadap pertumbuhan dan transformasi yang berkelanjutan,” kata Anissa Sharmanti di acara Bespin Global Accelerate 2023, yang dilansir pada Rabu (29/11/2023). 

Dalam sektor AI, Bespin Global telah memberikan kontribusi signifikan, membantu perusahaan seperti Shinhan Investment & Securities dan Hyundai Construction Equipment dalam analisis data keuangan dan prediksi permintaan. CEO Bespin Global Asia Tenggara, Chang-Gi Choi, menegaskan pentingnya pasar Indonesia sebagai kunci transformasi AI dan cloud di Asia Tenggara. Mantan Menteri Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia, Rudiantara, juga mengakui bahwa cloud dan AI merupakan katalis utama bagi ekonomi digital Indonesia.


Bagikan artikel ini