Boston Dynamics, Perusahaan Robotik AS Diambil Alih Hyundai Group


Teknologi Robot Kecerdasan Buatan

Ilustrasi Teknologi Robot Kecerdasan Buatan

Hyundai sebagai pabrikan otomotif Korea Grup mengambil alih perusahaan robotik AS, Boston Dynamics, dari SoftBank Group Corp dalam kesepakatan yang menilai pembuat robot itu sebesar 1,1 miliar dolar atau sekitar Rp 15,5 triliun.

Kesepakatan itu terjadi ketika Hyundai Motor Grup membayangkan transformasi kehidupan manusia dengan menggabungkan teknologi robotik terkemuka dunia dengan keahlian mobilitasnya”, ujar Hyundai dalam pernyataan resmi, dikutip Sabtu (12/12).

Dengan membangun kehadiran tedepan di bidang robotika, akuisi beberapa afiliasi beberapa grup Hyundai ini akan menandai langkah besar lainnya bagi Hyundai Motor Group menuju transformasi strategisnya menjadi penyedia solusi mobilitas cerdas.

Untuk mendorong transformasi ini, Hyundai Motor Group telah berinvestasi secara substansial dalam pengembangan teknologi masa depan, termasuk di bidang seperti teknologi, mengemudi otonom, konektivitas, kendaraan ramah lingkungan, pabrik pintar, material canggih, Artificial Intelligence (AI), dan robot.

Robotika tingkat lanjut menawarkan peluang untuk pertumbuhan yang cepat dengan potensi yang berdampak positif bagi masyarakat dalam berbagai cara. Boston Dynamics adalah pemimpin mapan dalam mengembangkan robit bergerak gesit yang telah berhasil diintegrasikan ke dalam berbagai operasi bisnis.

Kesepakatan itu juga diharapkan meungkinkan Hyundai Motor Group dan Boston Dynamics untuk saling memanfaatkan kekuatan masing-masing di bidang manufaktur, logistik, konstruksi, dan otomasi.

“Kami dan Hyundai berbagi pandangan tentang kekuatan transformasional mobilitas dan berharap dapat bekerja sama untuk mempercepat rencana kami untuk memungkinkan dunia dengan otomatisasi canggih, dan untuk terus memecahkan tantangan robotika tersulit di dunia bagi pelanggan kami,” ucap Robert Playter, CEO Boston Dynamics.

Boston Dynamics meluncurkan penjualan robot komersial pertamanya, Spot pada Juni 2020 dan sejak itu telah menjual ratusan robot di berbagai industri seperti utilitas listrik, kosntruksi, manufaktur, migas, dan pertambangan.

Dengan lebih dari 16.000 karyawan yang bekerja di 40 fasilitas di 10 negara bagian, termasuk pabrik manufaktur mobil senilai 1,8 miliar dolar di Alabama, Hyundai Motor Group adalah investor, pabrikan, dan inovator mapan di Amerika Serikat.


Bagikan artikel ini