Renault Gandeng Google Cloud Pacu Pengembangan Industri Dan Teknologi Otomotif


Logo Renault

Ilustrasi Logo Renault

 

Renault, salah satu produsen mobil asal Perancis menjalin kerja sama dengan Google Cloud dalam pengembangan industri dan teknologi otomotif. Kerja sama tersebut juga untuk mengoptimalkan platform manajemen data digital Renault secara keseluruhan. Pengembangan platform digital telah dilakukan Renault sejak tahun 2016. Tujuannya untuk menghubungkan serta mengumpulkan data industri dari 22 pabrik mereka di seluruh dunia, serta lebih dari 2.500 mesin.

Dengan kerjasama ini, Renault dapat menikmati layanan pembelajaran mesin/ machine learning dan kecerdasan buatan/ artificial intelligence (AI) dari Google Cloud. Layanan itu untuk meningkatkan kualitas rantai persediaan dan efesiensi manufaktur, kualitas produksinya, pengurangan dampak lingkungan melalui penghematan energi.

Jose Vicente de los Mozos, Director of Manufacturing and Logistics, Anggota Groupe Renault’s Executive Committee, mengatakan kolaborasi ini merupakan ilustrasi sempurna dari strategi digital Groupe Renault.

"Perjanjian ini dan komitmen tim TI, manufaktur, dan manajemen rantai pasokan kami akan memungkinkan kami untuk mempercepat penyebaran rencana Industri 4.0 yang dirancang untuk mengubah dan menghubungkan lokasi produksi dan proses logistik di seluruh dunia untuk meningkatkan standar keunggulan dan kinerja," ujarnya dalam keterangan pers Renault, Kamis (9/7/2020).

Sementara CEO Google Cloud, Thomas Kurian mengatakan industri otomotif memiliki inovasi dalam DNA-nya, dan ada potensi besar bagi teknologi digital untuk memiliki dampak signifikan pada produksi.

"Kami bangga dapat bermitra dengan Groupe Renault untuk membantu merevolusionerkan masa depan manufaktur otomotif dan memberi daya pada keunggulan rantai pasokan generasi berikutnya," ujarnya.

Program ini bertujuan untuk meningkatkan budaya berbasis data yang merupakan bagian penting dari kehidupan profesional sehari-hari karyawan Renault, baik dalam operasional maupun dalam proses pengambilan keputusan.