RS MMC Hadirkan Teknologi CT-Scan Terbaru Berbasis AI


Artificial Intelligence

Ilustrasi Artificial Intelligence

Rumah Sakit Metropolitan Medical Centre (RS MMC) dalam rangka mewujudkan fasilitas pelayanan kesehatan yang berpusat pada pasien, secara konsisten terus memperbaharui fasilitas dan teknologi kesehatan mereka. Salah satunya, adalah dengan menghadirkan teknologi terbaru Computed Tomography (CT) Somatom-go yang berbasis artificial intelligence (AI) atau kecerdasan buatan.

Teknologi terbaru ini terwujud berkat kerja sama antara RS MMC dengan Siemens Healthineers, yang secara resmi ditandai dengan adanya penandatanganan nota kesepahaman oleh CEO RS MMC, Dr. Roswin Rosnim Djaafar, MARS, kemudian Direktur Siemens Indonesia Healthineers Indonesia, Puspiningrum, serta Country Head Siemens Healthineers Indonesia Alfred Fehringer.

CEO RS MMC Roswin mengungkapkan bahwa kehadiran teknologi CT-Scan terbaru ini menjadi solusi bagi pasien rumah sakit dalam prosedur CT-Scan berupa kenyamanan, terutama dengan dosis radiasi yang lebih kecil serta fleksibilitas dan mobilitas untuk prosedur CT-Scan harian. Hal ini kemudian memungkinkan hasil yang efisiensinya lebih tinggi sehingga bisa membantu para tenaga medis.

“Kita selalu berusaha untuk menghadirkan fasilitas dan pelayanan kesehatan yang memberikan kenyamanan bagi seluruh pasien di RS MMC,” kata Roswin dalam acara penandatanganan nota kesepahaman kerja sama secara hibrida di RS MMC, Jakarta, Selasa (21/12/2021).

Teknologi CT-Scan terbaru ini dapat membantu untuk melakukan berbagai pemeriksaan, mulai dari cardio base package, calcium scoring, kidney stone, spine, skeletal, sinus, dan masih banyak lagi dengan reduksi dosis radiasi pada pasien hingga 30%.

Selain mengurangi dosis radiasi, CT-Scan baru berbasis AI ini juga memiliki keunggulan berupa reduksi noise pada gambaran CT. Hal ini kemudian membuat kualitas citra CT yang dihasilkan jauh lebih optimal.

Country Head Siemens Healthineers Indonesia Alfred Fahringer menyampaikan bahwa pihaknya bangga bisa menjalin kerja sama jangka panjang dengan RS MMC untuk dapat mendukung RS MMC dalam mengembangkan pelayanan kesehatan yang presisi. Selain itu, juga mendukung adanya transformasi perawatan.

“Memanfaatkan CT-Scan Somatom-go terbaru, RS MMC dapat menyediakan CT-Scan yang berkualitas tinggi di berbagai situasi klinis yang memungkinkan diagnosis akurat dengan tingkat keselamatan pasien yang tinggi. Hal ini dimungkinkan oleh teknologi AI,” tutur Alfred.

Sementara menurut Roswin, kerja sama RS MMC dengan Siemens Healthineers untuk menghadirkan CT-Scan terbaru ini penanda bahwa RS MMC selalu konsisten melakukan perubahan yang selaras dengan kebutuhan pasien.

“Ke depannya, kami akan terus melakukan peningkatan fasilitas, pelayanan, dan tentunya teknologi kesehatan yang berfokus pada pasien,” pungkas Roswin.


Bagikan artikel ini