Sistem Cloud Dapat Membantu Pelaku UKM Berbisnis di Tengah Pandemi


UMKM Digital

Ilustrasi UMKM Digital

Kementerian Perindustrian menjelaskan betapa pentingnya pemanfaatan cloud computing dan Internet of Things (IoT) dalam memajukan sektor industri bagi Industri Kecil Menengah (IKM) di tengah pandemi COVID-19.

Plt Direktur IKM, Logam, Mesin, Elektronika dann Alat Angkut Kementerian Perindustrian, Ratna Utarianingrum mengungkapkan pandemi COVID-19 menjadi permasalahan dunia terutama diterapkannya social distancing, membuat pergeseran gaya hidup termasuk bisnis.

“Ini yang menjadi concern Kemenperin guna menjaga proses bisnis industri khususnya IKM dengan memanfaatkan penggunaan teknologi berupa Cloud Computing dan IoT,” ucap Ratna dalam keterengan resmi, Jumat (23/10).

Dilansir dari republika.co.id, menurut Ratna, perkembangan teknologi informasi mendorong terciptanya banyak terobosan baru. Salah satunya menfaat penggunaan cloud computing mulai dari keamanan digital yang digunakan, jaringan, pusat data, dan server yang cakap.

Kemenperin mengharapkan pemanfaatan cloud computing dan IoT dapat diterapkan pada sektor industri manufaktur. Ratna menilai kedua teknologi tersebut bukan hanya diperuntukkan bagi masyarakat perkotaan atau industri besar, namun juga dapdat diimplementasikan untuk IKM.

“Pemanfaatan dari sistem IoT menghubungkan teknologi, informasi, dan komunikasi. Pemanfaatan dua sistem tersebut sangat berguna bagi kehidupan termsuk kegiatan bisnis. Betul sekali kalau sentuhan teknologi ini akan membawa dampak yang besar bagi bisnis, khususnya di masa pandemi ini,” tambahnya.

Kedepannya Kemenperin mengajak para pelaku startup untuk bergabung dalam kompetisi berbasis pemecahan masalah dengan menggunakan teknologi Cloud Computing dan IoT. Hal ini untuk memberikan solusi bagi dunia industri, IKM, dan masyarakat yang terdampak pandemi COVID-19.