SpaceX Sukses Meluncurkan 23 Satelit Starlink


Logo Starlink

Logo Starlink

SpaceX, perusahaan antariksa yang dipimpin oleh Elon Musk, kembali membuat gebrakan dengan meluncurkan 23 satelit Starlink pada Senin, 8 Januari pukul 05.35 WIB. Peluncuran ini dilakukan menggunakan roket Falcon 9 dari Stasiun Angkatan Luar Angkasa Cape Canaveral, Florida.

Seperti yang sudah menjadi kebiasaan, roket Falcon 9 terdiri dari dua tahap, dan tahap pertama kembali ke Bumi sekitar 8,5 menit setelah peluncuran. Menariknya, booster tahap pertama ini telah mendarat dengan sukses di kapal drone A Shortfall of Gravitas yang berlabuh di lepas pantai Florida. Ini merupakan penerbangan keenam belas bagi booster tahap pertama ini, yang sebelumnya terlibat dalam misi-misi seperti CRS-22, Crew-3, Turksat 5B, Crew-4, CRS-25, dan masih banyak lagi.

Sementara tahap pertama kembali ke Bumi, tahap kedua Falcon 9 terus melanjutkan misinya dengan mendorong 23 satelit Starlink ke luar angkasa. Pada pukul 06.41 WIB, tahap atas roket tersebut berhasil menyebarkan satelit-satelit Starlink ke Orbit Rendah Bumi (LEO).

Peluncuran Starlink ini merupakan yang ketiga kali dilakukan oleh SpaceX pada tahun ini, menandai peluncuran kedua dari konstelasi Starlink di tahun 2024. Rencananya, SpaceX memiliki ambisi tinggi untuk meluncurkan total 144 misi luar angkasa dalam satu tahun ini, mengalahkan rekor tahun sebelumnya.

Penting untuk dicatat bahwa SpaceX pada tahun sebelumnya menargetkan 100 misi peluncuran, namun mereka tidak berhasil mencapai target tersebut. Dengan peluncuran terakhir pada Jumat, 29 Desember lalu, SpaceX hanya berhasil meluncurkan 98 misi luar angkasa. Dengan demikian, upaya mereka untuk meningkatkan jumlah peluncuran menjadi 144 misi menunjukkan komitmen perusahaan untuk terus mengembangkan eksplorasi antariksa dan meningkatkan infrastruktur satelit di orbit.

Dengan adanya peluncuran ini, diharapkan akan semakin banyak daerah yang dapat menikmati layanan internet Starlink, yang dijanjikan dapat memberikan akses internet cepat di seluruh dunia. Keberhasilan SpaceX dalam meluncurkan satelit-satelit ini juga menunjukkan kemajuan teknologi dan kapabilitas perusahaan dalam menjalankan misi antariksa dengan efisiensi dan keberhasilan yang konsisten.


Bagikan artikel ini