Spark Gandeng Kadin-Apindo untuk Perkuat Ekosistem Cyber Security di Indonesia


Ilustrasi Cyber Security

Ilustrasi Cyber Security

Perusahaan cyber security Spark jalin kerja sama dengan Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia serta Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) untuk perkuat ekosistem cyber security di Indonesia.

Kerja sama ini dinilai perlu dilakukan untuk dapat menghadapi ancaman keamanan siber yang semakin meningkat, seiring dengan ekonomi dan transformasi digital yang juga terus bertumbuh di berbagai industri serta suk-sektor usaha di Indonesia.

“Spark Indonesia ingin memperkuat pertumbuhan ekosistem, komunitas, dan networking di bidang teknologi di Indonesia. Menghubungkan masyarakat, individu, dan ahli di area teknologi di Indonesia dan belahan dunia lain untuk saling berbagai ilmu pengetahuan, pengalaman, dan keahlian satu sama lain dalam ranah teknologi,” jelas Country Director Spark Indonesia Chandra Kusuma dalam keterangannya, melansir dari Berita Satu, Rabu (2/11/2022).

Chandra kemudian mengungkapkan bahwa penguatan teknologi di bidang keamanan siber ini dilakukan melalui pelaksanaan berbagai program pelatihan, capacity building, edukasi, hingga literasi terkait teknologi seperti cyber security, blockchain, internet of things (IoT), sustainable finance hingga open finance.

Chandra menambahkan bahwa Spark tidak hanya berfungsi sebagai penyedia edukasi, pelatihan, dan literasi teknologi dan informasi. Spark juga berperan sebagai platform marketplace sekaligus partner pengetahuan yang dapat membantu perusahaan swasta, BUMN, maupun kementerian dalam memenuhi kebutuhan terkait teknologi seperti menyeleksi ribuan vendor teknologi.

“Spark Indonesia siap menjadi fasilitator bagi pemerintah Indonesia, termasuk DPR dalam proses penyusunan white paper atau policy paper yang bersifat teknis dalam konteks perumusan peraturan dan kebijakan dengan memaksimalkan pengetahuan dan jaringan global kami di bidang teknologi yang telah teruji dan terbukti,” tutur Chandra.

Sementara Kepala Hubungan Kadin-BSSN dalam Badan Hubungan Penegakan Hukum, Pertahanan, dan Keamanan Kadin Tengku Irvan Bahran menyampaikan, pihaknya menyambut baik kerja sama dan kolaborasi strategis yang terjalin antara Spark Indonesia dengan Kadin-Apindo.

“Kami menyambut baik kolaborasi strategis dengan Spark Indonesia untuk mendukung agenda pemerintah dalam mengakselerasi transformasi dan literasi digital di Tanah Air, khususnya menghasilkan talenta lokal yang andal di bidang teknologi termasuk cyber security. Transfer pengetahuan dari Spark dengan dukungan ribuan anggota teknokrat dalam jaringan internasional yang luas menjadi sangat krusial,” ujar Irvan.


Bagikan artikel ini