Teknologi Cloud Jawaban dalam Mempercepat Transformasi Digital


Alibaba Cloud

Alibaba Cloud

Teknologi cloud disebut sebagai jawaban dari masifnya transformasi digital. Head of Solution Architech Alibaba Cloud Indonesia Eggy Tanuwijaya teknologi komputasi awan ini bisa diterapkan di berbagai sektor, mulai dari manufaktur, ritel, keuangan, hingga logistik.

Teknologi cloud pun menurutnya bisa mempercepat transformasi digital yang dilakukan industri.

"Dukungan Alibaba dari sisi transformasi digital karena bukan hanya memberikan infrastruktur. Kami memberikan kebutuhan yang big data, analitik, hingga keamanan," ujar Eggy dalam CNBC Indonesia Tech Conference, Kamis (13/10/2022).

Alibaba Cloud Indonesia terus mengembangkan layanan komputasi awan sebagai bagian upaya mendukung transformasi digitalisasi di Indonesia termasuk sektor keuangan hingga ritel hingga logistik.

Teknologi cloud menurutnya bisa membuat transformasi yang dilakukan berjalan efektif, baik dari sisi biaya hingga performa. Saat ini Alibaba telah memiliki tiga data center yang telah sesuai dengan standar peraturan pemerintah Indonesia.

"Kami juga mendukung perekonomian di level bersama partner yang ditunjuk," ujarnya.

Saat ini Alibaba Cloud memiliki beberapa solusi yang bisa digunakan industri mulai dari AI, data center, smart warehouse, hingga cloud. Untuk memperluas ekosistemnya di Indonesia, Eggy menambahkan, Alibaba Cloud juga bekerja sama dengan partner lokal untuk meningkatkan SDM.

"Kami yakin kemampuan SDM di Indonesia mampu membantu kebutuhan konsumen kami. Training dilakukan dengan Kemenkominfo, digital talent scholarship dan universitas," kata Eggy.


Bagikan artikel ini