Telkom Percepat Digitalisasi Kesehatan dengan SATUNADI


Logo Telkom Indonesia

Logo Telkom Indonesia

Telkom Indonesia (Persero) Tbk terus mengambil langkah progresif dalam mendigitalkan sektor kesehatan dengan meluncurkan solusi terbaru, SATUNADI. Sebagai bagian dari umbrella brand Leap, platform ini menawarkan digitalisasi rumah sakit yang terintegrasi secara end-to-end, membawa perubahan signifikan dalam pengelolaan data dan informasi di sektor kesehatan.

SATUNADI, sebagai Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit (SIMRS), bertujuan meningkatkan efektivitas layanan, efisiensi biaya, dan transparansi dalam sektor kesehatan. EVP Digital Business Telkom, Komang Budi Aryasa, menyoroti peran penting platform ini dalam meningkatkan kualitas hidup masyarakat melalui transformasi digital di bidang kesehatan.

Dalam wawancara, Komang menyatakan, “Melalui platform SATUNADI, Telkom mengambil peran dalam mendigitalkan sektor kesehatan agar kualitas hidup masyarakat meningkat. Transformasi digital dengan SATUNADI membantu manajemen di rumah sakit semakin baik dan pelayanan yang diberikan kepada masyarakat lebih maksimal,” ungkap EVP Digital Business Telkom, Komang Budi Aryasa.

Salah satu fitur unggulan SATUNADI adalah integrasi data rekam medis pasien dalam satu platform. SATUNADI membawa berbagai manfaat bagi rumah sakit dan pasien:

  1. Integrasi Data: Seluruh data rekam medis pasien terintegrasi dalam satu platform, memudahkan akses dan pengelolaan data bagi rumah sakit.
  2. Pendaftaran Daring: Pasien dapat mendaftar secara mandiri melalui platform SATUNADI, mengurangi penumpukan dan antrian di rumah sakit.
  3. Monitoring Real-time: Manajemen rumah sakit dapat memantau jumlah pasien, ketersediaan ruang rawat, obat, dan informasi penting lainnya secara real-time.

Dukungan terhadap regulasi pemerintah juga menjadi fokus, sebagaimana disampaikan oleh Komang, “Hadirnya SATUNADI sebagai solusi digital dari Telkom turut mendukung Peraturan Menteri Kesehatan (PMK) No 24 Tahun 2022 yang mengharuskan seluruh fasilitas kesehatan memiliki Rekam Medis Elektronik (RME) dan terintegrasi dengan SATUSEHAT dari Kemenkes.”

SATUNADI tidak hanya menghadirkan solusi di tingkat rumah sakit, namun juga terhubung dengan program kesehatan pemerintah, BPJS Kesehatan. Integrasi ini diharapkan dapat meningkatkan cash flow rumah sakit dengan mempercepat proses penagihan kepada pihak BPJS Kesehatan.

Dinoor Susatijo, Head of Digital Vertical Ecosystem Health Telkom, menjelaskan bahwa SATUNADI dikembangkan dengan konsep Enterprise Resource Planning (ERP). Konsep ERP adalah sebuah sistem yang mengintegrasikan proses setiap line dalam manajemen perusahaan secara transparansi dan memiliki akuntabilitas yang cukup tinggi, hal ini memungkinkan pengelolaan seluruh operasional RS yang terintegrasi secara end-to-end dari mulai layanan hingga backroom.

Platform SATUNADI menggunakan basis Cloud SaaS (Software as a Service) yang memiliki kemampuan dalam memproses dan mengintegrasikan seluruh alur bisnis layanan kesehatan. Pemrosesan data yang memanfaatkan Cloud SaaS dituangkan dalam bentuk jaringan koordinasi, pelaporan dan prosedur administrasi terintegrasi untuk memperoleh informasi secara cepat, tepat dan akurat.

Perlu diketahui,  Cloud Software as a Service (SaaS) merupakan perangkat lunak berbasis cloud yang dapat langsung digunakan dengan jaringan internet, di mana pengguna tidak harus melakukan instalasi software pada server, komputer, atau gadget mereka. SaaS sendiri menjadi salah satu evolusi lebih lanjut dari konsep ASP (Application Service Provider).

The World in Your Hand di sektor kesehatan benar-benar terjadi di platform SATUNADI. Pihak rumah sakit bisa lebih presisi dalam memberikan pelayanannya. Bisnis rumah sakit juga semakin lancar, mudah, dan cepat sehingga memberikan benefit melalui peningkatan cash flow bagi rumah sakit,” tambah Dinoor.

Solusi inovatif ini membuka peluang baru dalam penyelenggaraan layanan kesehatan, memastikan manfaat yang signifikan dalam efisiensi dan kualitas pelayanan. Informasi lebih lanjut mengenai SATUNADI dan produk Leap Telkom Digital lainnya dapat diakses melalui https://leap.digitalbisa.id/#products . Digitalisasi sektor kesehatan melalui SATUNADI membawa dampak positif, mempercepat transformasi menuju sistem kesehatan yang lebih efisien, terjangkau, dan berkualitas.


Bagikan artikel ini