Telkom Siap Dukung Penyediaan Layanan Digital di IKN Nusantara


Gedung Telkom Indonesia

Logo Telkom Indonesia

Sebagai BUMN dan perusahaan telekomunikasi digital terdepan, PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) secara konsisten terus berupaya mewujudkan kedaulatan digital Indonesia, mulai dari kota besar hingga pelosok wilayah tertinggal, terluar, dan terdepan (3T). Kali ini, Telkom siap mendukung penuh penyediaan infrastruktur dan layanan digital di Ibukota Negara (IKN) Nusantara.

Dengan fokus pada penyediaan konektivitas, platform, hingga beragam layanan digital, TelkomGroup mendukung IKN Nusantara menjadi smart city yang modern.

Direktur Utama Telkom Ririek Adriansyah dalam kunjungannya meninjau kesiapan infrastruktur layanan TelkomGroup di IKN Nusantara pada Selasa (2/3/2022) menjelaskan bahwa sejalan dengan pemerintah dalam menetapkan konsep IKN Nusantara sebagai smart city, peran Telkom dalam menghadirkan tranformasi digital sangatlah penting. Ada berbagai peluang dan tantangan yang harus dihadapi.

Tentunya ini menjadi tugas besar sekaligus kebanggaan bagi Telkom Indonesia dapat turut serta mendukung digitalisasi smart city di IKN Nusantara. Rencana pembangunan tersebut mencakup dari tiga domain bisnis digital (connectivity, platform, dan services) yang bersinergi dengan seluruh anak perusahaan dan juga pemerintah.

Dalam kunjungan ini, Ririek didampingi Direktur Network & IT Solution Telkom Herlan Wijanarko. Saat ini cakupan infrastruktur jaringan Telkom di sekitar wilayah IKN Nusantara, tepatnya di Kecamatan Sepaku, tercatat telah memiliki 173 ODP dan sangat memungkinkan untuk pengembangan lebih lanjut.

Ditambah, kabel laut Indonesia Global Gateway (IGG) ManadoDumai yang melintasi sepanjang Selat Makassar menjadikan IKN Nusantara terkoneksi global langsung yang disiapkan melalui gateway Batam dan Manado. 

Sementara itu pada layanan mobile Telkomsel, untuk perluasan cakupan, penambahan kapasitas, serta peningkatan kualitas jaringan 4G dan 5G di wilayah IKN Nusantara akan terus dimaksimalkan. Selain menyediakan layanan konektivitas terbaik,

Melansir dari Republika.co.id, Telkom juga akan menghadirkan solusi digital terbaik melalui pembangunan Intelligent Data Center dengan Smart & Intelligent Network Security sehingga mendorong terwujudnya IKN Nusantara menjadi smart city digital terbaik dan tingkat keamanan siber yang tinggi.

“Untuk memastikan realisasi seluruh rencana pembangunan infrastruktur IKN Nusantara  dapat optimal dan sesuai dengan yang ditargetkan, TelkomGroup akan berkolaborasi dengan PUPR dan Kominfo serta lembaga atau instansi terkait. Semoga upaya dan semangat kolaborasi semua pihak dapat mendorong digitalisasi sehingga hadirnya IKN Nusantara sebagai dapat menjadi wajah baru untuk Indonesia yang lebih baik,”  jelas Ririek.


Bagikan artikel ini