Telkom Group Beralih Bidang Menjadi Perusahaan Telkomunikasi Digital


Gedung Telkom Indonesia

Ilustrasi Gedung Telkom Indonesia

Telkom Group sebagai perusahaan telekomunikasi yang leading di Indonesia, memiliki cakupan infrastruktur dan konektivitas yang terbesar hingga pelosok Nusantara. Berbagai sarana telkomunikasi di darat, laut, hingga udara dibangun untuk mendukung pemerataan akses informasi dan mewujudkan digitalisasi Indonesia.

Hal ini menjadikan Telkom terus berupaya membangun infrastruktur secara kontinyu  baik fixed dan mobile broadband demi memastikan akses layanan yang kompeten dapat dirasakan dengan kualitas yang sama tidak hanya di lingkup Indonesia saja melainkan hingga luar negeri.

TelkomGroup menjalankan groundbreaking data center pada Juli 2020 dengan skala besar berstandar global dengan sertifikasi tier 3 dan 4. Telkom Hyperscale Data Center (HDC) yang memiliki spesifikasi, fasilitas, dan service level terbaik hingga 99,995% uptime dan fully redundant infrastructure. Hal ini meyakinkan langkah TelkomGroup menjadi digital telecommunication dengan memperkuat fondasi bisnis digital di masa depan, terlebih bagi domain digital platform.

Dalam berjalannya pembangunan digital connectivity TelkomGroup yang tengah fokus mendorong bisnis digital platform seperti Big Data dan Internet of Things (IoT) yang diharapkan mampu memberikan manfaat bagi pelanggan, khususnya pelanggan korporasi dalam menunjang aktivitas bisnisnya. Adapun digital platform lain yang telah dikembangkan Telkom, antara lain Data Center, Cloud Services, Artificial Intelligence, Security, dan Payment/Blockchain.

Telkom HyperScale Data Center memiliki banyak kelebihan, terutama dalam ketersediaan connectivity dan coverage terluas di seluruh Indonesia, terhubung dengan access network milik TelkomGroup baik domestik maupun mancanegara, world class facilities, carrier neutral serta multi services yang biasa digunakan network provider lain.

Dengan dikenalkannya Data Center ini, TelkomGroup siap dan mampu mengakomodasi kebutuhan mendatang, seperti edge computing, 5G services, blockchain, serta kebutuhan dimasa yang akan datang.