Dukung Digitalisasi, Telkom Hadirkan Platform IoT Antares


Logo Telkom Indonesia

Logo Telkom Indonesia

PT Telkom Indonesia Tbk (Telkom) melalui Leap-Telkom Digital terus berupaya untuk menghadirkan berbagai produk serta layanan digital guna memenuhi kebutuhan masyarakat dan juga mendukung terwujudnya ekonomi digital di Indonesia.

Leap-Telkom kemudian menghadirkan Antares sebagai layanan penyedia resource platform untuk pengembangan teknologi Internet of Things (IoT). Antares merupakan umbrella brand yang terdiri atas tiga pilar, yakni Antares Platform, Antares Connectivity, dan Antares Solutions.

Antares pun hadir sebagai enabler untuk IoT, yaitu solusi end-to-end untuk dapat mengatasi berbagai permasalahan bisnis dari sisi IoT, serta mendukung akselerasi digitalisasi masyarakat Indonesia.

Leap-Telkom melalui Antares kemudian juga secara aktif mendukung akselerasi digitalisasi di bidang kesehatan, yang salah satunya dilakukan melalui kerja sama dengan dua BUMN di sektor kesehatan, yaitu Kimia Farma dan Bio Farma.

Kerja sama ini dilakukan untuk smart manufacturing, di mana Antares akan mendukung Kimia Farma dan Bio Farma untuk mengembangkan sistem power monitoring, environment monitoring, dan real-time machine monitoring. Pengadopsian sistem IoT ini kemudian akan meningkatkan efisiensi produksi serta menghemat biaya produksi.

Antares juga mendukung Bio Farma untuk melakukan distribusi vaksin, terutama untuk distribusi hingga ke daerah terpencil. Selain itu, kerja sama ini juga menjamin stok vaksin yang terpenuhi untuk menekan kasus COVID-19 di Indonesia.

Antares sebagai salah satu layanan unggulan dari Leap telah memenuhi standar regulasi yang diterapkan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) terkait dengan penyimpanan data di Indonesia, serta telah tersertifikasi secara internasional oleh lembaga OneM2M.

Standar dari OneM2M ini kemudian menjadikan Antares sebagai platform horizontal IoT yang dapat melakukan integrasi terhadap berbagai komponen IoT, serta memungkinkan aplikasi IoT untuk berinteraksi dengan data dari perangkat IoT di seluruh solusi vertikal industri yang berbeda tanpa mengesampingkan keamanan pengguna.

Direktur Digital Business Telkom Indonesia Muhammad Fajrin Rasyid menyampaikan, bahwa Telkom melalui Leap melihat bahwa IoT menjadi salah satu ekosistem yang memiliki potensi besar, terutama dengan pasar IoT di Indonesia yang akan terus berkembang.

“Kami mengembangkan Antares dengan harapan di masa depan akan menjadi platform yang dapat memberikan jawaban dan solusi untuk kebutuhan IoT. langkah ini kami mulai dengan berkolaborasi dengan berbagai pihak, dua diantaranya adalah dengan Kimia Farma dan Bio Farma,” kata Fajrin dalam keterangan resminya, melansir dari laman Telkom, Senin (25/4/2022).

Fajrin kemudian menuturkan pula bahwa pihaknya berharap bahwa Antares kedepannya dapat digunakan oleh lebih banyak kalangan. Leap melalui Antares juga berkomitmen untuk menciptakan layanan platform IoT yang handal, terpercaya, dan menyediakan IoT Operation dan Customer Experience memuaskan bagi pelanggan.

Hal ini sesuai dengan rencana pemerintah untuk melakukan digitalisasi Indonesia, yaitu memajukan industri nasional di era industri 4.0. Selain itu, juga memprioritaskan fitur-fitur platform IoT yang dibutuhkan.

Leap melalui Antares juga berencana untuk mengembangkan Center of Excellence guna mendukung riset dan pengembangan IoT di Indonesia, juga membuka kolaborasi untuk memperkuat coverage, capability, dan capacity bersama.


Bagikan artikel ini