Telkom Indonesia Hadirkan IoT Smart Poultry Farming System


Telkom Indonesia

Telkom Indonesia

PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk melalui Leap-Telkom Digital hadirkan teknologi berbasis internet of things (IoT) dari Antares, IoT Smart Poultry Farming untuk dapat memberikan manfaat teknologi digital bagi bisnis peternakan ayam yang berlokasi di perkotaan maupun pedesaan.

“Melalui teknologi dari Antares ini, peternak dapat mengetahui kondisi suhu, kelembaban, tingkat cahaya, kecepatan angin, kadar CO2 dan amonia, di mana data akan disimpan di dalam cloud dan bisa diakses dengan menggunakan smartphone,” jelas Direktur Digital Business Telkom M. Fajrin rasyid dalam keterangan pers, melansir dari AntaraNews.com, Jumat (9/12/2022).

Memanfaatkan teknologi IoT, solusi Smart Poultry Platform dari Antares ini akan membantu proses pengontrolan periode panen untuk usaha peternakan ayam menjadi sangat terbantu. Salah satu peternakan yang telah merasakan manfaat teknologi ini adalah Karya Cipta Farm yang berlokasi di Magetan, Jawa Timur.

Memanfaatkan solusi berbasis IoT ini, Karya Cipta Farm telah merasakan masa panen 25 persen lebih cepat dibandingkan sebelumnya. Selain itu, risiko kematian hewan ternak juga turun hingga 80 persen. IoT Smart Poultry Farming System juga membantu mengurangi biaya operasional hingga 50 persen.

Teknologi IoT Smart Poultry Farming System dari Antares sendiri bertujuan untuk mempermudah proses pengawasan terhadap kondisi ternak dan lingkungan kandang secara real-time melalui sensor yang dipasang di area peternakan. Pemasangan teknologi ini juga memudahkan operator untuk menjalankan aktivitas operasional sehari-hari menjadi lebih efisien dan efektif.

Solusi dari Antares ini memanfaatkan IoT untuk melengkapi sensor yang memberikan informasi lokasi ternak secara akurat dari jarak jauh. Platform Smart Poultry mendukung kemudahan dalam mengelola peternakan secara efektif dan efisien.

Platform Antares juga membuka peluang integrasi dan pengembangan aplikasi, semisal aplikasi accounting dan manajemen budidaya ternak untuk memperkaya fitur Smart Poultry baik dari sisi teknis, administratif, dan perhitungan laba-rugi per siklus secara sederhana,” tutup Fajrin.


Bagikan artikel ini