Telkom Uji Coba Solusi Smart Metering Berbasis IoT


Gedung Telkom Indonesia

Ilustrasi Gedung Telkom Indonesia

PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk, perusahaan telekomunikasi milik negara mendukung inovasi-inovasi yang muncul agar dapat berkembang lebih baik dan bermanfaat bagi masyarakat melalui pemanfaatan teknologi yang ada. Telkom bekerja sama dengan Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kabupaten Bandung untuk program Smart Metering. Program ini merupakan implementasi digitalisasi yang memudahkan perusahaan untuk melakukan kontrol melalui sistem billing terintegrasi, dashboard pengelolaan air, dan basis data yang terpusat.

Disaksikan oleh Direktur Enterprise & Business Service Telkom Edi Witjara, Direksi Perumda Tirta Raharja, dan jajaran pengurus DPP Perpamsi solusi ini dilakukan uji coba di Pusat Pengolahan Air Minum Tirta Raharja, Cipageran, Cimahi, Jawa Barat pada Jumat (18/9/2020). Solusi ini juga mendapatkan sambutan yang baik dari Dirut Perumda Tirta Raharja sekaligus sebagai Ketua Umum Perpamsi Rudie Kusmayadi.

"Perumda Tirta Raharja tengah menguji coba sebuah teknologi Smart Metering berbasis Internet of Things (IoT) dari Telkom dan hasilnya sangat memuaskan," ujar Rudi dalam keterangan pers pada Minggu (20/9/2020). "Kami berharap implementasi dapat segera dilakukan bukan hanya di Tirta Raharja, tetapi di seluruh PDAM anggota Perpamsi seluruh Indonesia," tambahnya.

Persatuan Perusahaan Air Minum Seluruh Indonesia (Perpamsi) merupakan organisasi PDAM di seluruh Indonesia dan menghimpun badan atau lembaga yang berhubungan erat di bidang air minum. Lembaga tersebut, seperti Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Badan Perencanaan Pembangunan Nasional, dan lembaga donor untuk PDAM. Selain menyaksikan uji coba Smart Metering ini, Direktur Enterprise & Business Service Telkom Edi Witjara juga menyatakan komitmen untuk mendukung langkah inovasi Perpamsi. Solusi ini diharapkan dapat diterapkan pada layanan-layanan lain.

"Kami telah menyiapkan berbagai solusi Smart Metering yang menggunakan network LoRaWan dan platform Antares, untuk menjamin keandalan solusi tersebut. Bahkan solusi ini juga bisa untuk layanan utilitas lainnya, seperti gas dan listrik," ujar Edi yang turut didampingi Executive Vice President Divisi Business Service Telkom Syaifudin dan Executive Vice President Telkom Regional III Area Jawa Barat Mohamad Khamdan.

Telkom juga telah sukses dalam coba implementasi penuh (proof of concept) di PDAM Tirta Benteng Tangerang. Perpamsi memiliki fungsi strategis dalam mendorong PDAM mewujudkan kinerja yang lebih unggul. Dengan kerja sama Telkom dan Perpamsi, diharapkan mampu mendorong PDAM menjadi lebih efisien, maju, dan modern untuk layanan berbasis connectivity, managed solution, seperti smart meter, leak detector system, pencegahan fraud, monitoring kualitas air maupun command center.