Telkomsel Beri Pelatihan dan Bantuan Teknologi IoT untuk Petani di Karanganyar


Drone Pertanian

Drone Pertanian

Telkomsel melalui program Bakti Negeriku mendukung pembangunan Indonesia dengan menghadirkan program-program berbasis digital untuk mendorong pembangunan hingga ke wilayah pelosok Indonesia.

Tahun 2022 ini, program Bakti Negeriku berfokus pada digitalisasi di sektor pertanian dengan menghadirkan sistem pertanian melalui implementasi teknologi internet of thing (IoT). Maka dengan fokus tersebut, Telkomsel kemudian menghadirkan platform pertanian berbasis IoT, Telkomsel Digital Food System (DFE).

Platform ini berfokus untuk menjembatani teknologi yang memungkinkan praktik smart farming, melalui pertanian yang presisi, digitalisasi, data analytics, serta traceability. Penggunaan platform ini pun bertujuan untuk meningkatkan pendapatan petani, membuka transparansi rantai pasokan, serta akses ke layanan keuangan.

Memperkenalkan platform berbasis IoT ini kepada para petani, Telkomsel kemudian menggelar pelatihan dan demo di GOR Desa Jati, Jaten, Karanganyar, Jawa Tengah. Kegiatan ini pun diikuti oleh ratusan petani dan pejabat setempat.

“Hari ini kamu memberikan penyediaan digital center, pelatihan bagi para petani, serta bantuan teknologi IoT di bidang pertanian berupa pengujian kesuburan, monitoring budidaya, pengamatan kesehatan tanaman, serta penyiraman pupuk menggunakan drone,” kata General Manager Corporate Social Responsibility (CSR) Telkomsel, Andry P Santoso dalam keterangan tertulisnya, melansir dari Detik.com, Rabu (28/9/2022).

Dukungan tersebut merupakan salah satu wujud upaya Telkomsel bagi para petani untuk mendorong ketahanan pangan Indonesia. Andry pun menuturkan, bahwa pertanian presisi dengan memanfaatkan IoT ini telah dilakukan pula di beberapa tempat lain seperti Sleman dan Demak.

“Telkomsel berharap program ini dapat mempertegas komitmen Telkomsel dalam membangun negeri melalui pemanfaatan teknologi di bidang pertanian dan memberikan kontribusi yang positif bagi masyarakat luas,” pungkas Andry.


Bagikan artikel ini