Telkomsel Gandeng Lookout Hadirkan Solusi Keamanan Data


Logo Telkomsel

Logo Telkomsel

Telkomsel resmi mengumumkan kerja sama dengan Lookout Inc., perusahaan cybersecurity atau keamanan siber terkemuka guna memberikan proteksi data serta mendukung transformasi digital perusahaan di Indonesia.

Dharma Simorangkir, SVP Enterprise Account Management Telkomsel menyampaikan, Telkomsel sebagai perusahaan telekomunikasi yang terdepan berkomitmen untuk dapat menghadirkan solusi yang berpusat pada pelanggan di seluruh Indonesia, baik B2B maupun B2C.

“Kini, melalui kolaborasi dengan Lookout, kami mewujudkan komitmen tersebut dengan meluncurkan Telkomsel Enterprise Mobile Security (TEMS) yang memberi keamanan maksimal bagi pelanggan enterprise,” tutur Dharma melalui keterangan resmi, Selasa (20/4/2021).

Dharma juga mengatakan bahwa dengtan adanya solusi keamanan ini, perusahaan tidak lagi perlu khawatir dengan ancaman terhadap aplikasi dan data. Perusahaan bisa terus fokus dalam upaya meningkatkan produktivitas mereka tanpa khawatir akan ancaman tersebut.

Selain itu, Dharma juga menuturkan bahwa TEMS Endpoint Protection (MEP) diaplikasikan pada lebih dari setengah perangkat yang digunakan karyawan untuk mengakses data milik perusahaan. MEP pun digunakan dalam akses iOS, Android, dan Chrome.

“Ini dapat menjadi masalah jika keamanan pada perangkat seluler diabaikan, sehingga menciptakan celah dalam sistem keamanan organisasi. Seiring dengan implementasi bekerja jarak jauh, mereka mengharapkan privasinya tetap terjaga,” kata Dharma.

Maka kemudian TEMS MEP hadir dengan manfaat sebagai pengamanan perangkat iOS, Android, dan Chrome OS milik perusahaan dan karyawan. Pengamanan berbasis cloud ini bisa diperluas dengan mudah ke ratusan titik endpoint.

TEMS MEP juga mampu melakukan optimalisasi terhadap kinerja prosesor dan usia baterai dengan aplikasi ringan. Pengamanan privasi pengguna dalam perangkat pun dapat terjaga sesuai dengan persyaratan kepatuhan yang berlaku.

“Melalui kemitraan dengan Lookout, Telkomsel memastikan bahwa TEMS Mobile App Protection telah mengikuti peraturan perlindungan data nasional dan internasional, serta menerapkan lapisan keamanan yang efisien untuk melindungi data perusahaan,” ujar Dharma.

Sementara itu, General Manager of Carrier Partnerships Lookout Inc Firaz Azmeh menyatakan, mengutip dari Asia Time kriminal siber terus meningkatkan serangan yang berfokus pada orang-orang di bidang bisnis. Serangan yang paling umum terjadi adalah phishing.

Firaz kemudian melanjutkan, pihaknya bangga dapat berkolaborasi dengan Telkomsel sebagai penyedia solusi mobilitas dan bisnis yang terkemuka di Indonesia. Kolaborasi yang dilakukan kemudian untuk memberi solusi keamanan melalui mobile endpoint security dengan perlindungan phishing dan konten bagi pelanggan enterprise.

“Kolaborasi kami dengan Lookout menjadi upaya lanjutan dari kami dalam mengutamakan inovasi dan kolaborasi untuk menghadirkan pemanfaatan teknologi di segala sektor. TEMS diharapkan dapat membantu para pelaku industri untuk beradaptasi terhadap kondisi new normal dengan menyesuaikan proses bisnis operasionalnya melalui pemanfaatan teknologi digital yang tepat guna,” pungkas Dharma.


Bagikan artikel ini