Telkomsel Hadirkan IoT untuk Jaga Kualitas Vaksin COVID-19


Logo Telkomsel

Logo Telkomsel

PT Telekomunikasi Selular (Telkomsel) hadirkan aplikasi Sistem Monitoring Imunisasi Logistik secara Elektronik (Smile) yang mampu memantau serta menjaga kualitas dari vaksin COVID-19 dalam penyimpanannya di fasilitas kesehatan.

Sistem ini sendiri terwujud melalui kolaborasi Telkomsel dengan United Nations Development Programme (UNDP) serta Kementerian Kesehatan. Solusi berbasis Internet of Things (IoT) ini sendiri dapat digunakan oleh Puskesmas di seluruh Indonesia.

Alfian Manullang, VP Internet of Things Telkomsel menyampaikan bahwa Smile merupakan bagian dari Asset Performance Management Telkomsel IoT. Solusi ini pun membantu untuk mengawasi temperatur dan kelembaban lemari pendingin tempat penyimpanan vaksin COVID-19, termasuk yang disimpan di berbagai Puskesmas seluruh Indonesia.

Aplikasi Smile sebagai Asset Performance Management diharapkan dapat melakukan transformasi metode pengawasan temperatur lemari pendingin penyimpanan vaksin, di mana beberapa di antaranya masih diawasi secara manual oleh petugas kesehatan sehingga berpotensi untuk menurunkan kualitas vaksin.

“Kami berharap, pemanfaatan teknologi IoT melalui Asset Performance Management dapat membantu pemerintah dan segenap pemangku kepentingan lainnya dalam menjalankan upaya pemulihan bangsa dari dampak COVID-19,” tutur Alfian dalam siaran pers, melansir dari Bisnis, Jumat (20/8/2021).

Alfian menjelaskan, Asset Performance Management bekerja melalui sensor yang terhubung dengan konektivitas Telkomsel. Sensor yang ditempatkan di lokasi penyimpanan yang diawasi kemudian akan mengirim informasi seperti suhu serta kelembaban udara secara real time. Puskesmas kemudian bisa mengakses data tersebut secara online melalui papan terintegrasi.

Papan terintegrasi tersebut akan menampilkan informasi yang komprehensif mengenai vaksin yang disimpan serta memiliki fitur pengingat untuk memberitahu petugas bila ada anomali yang terjadi.

“Telkomsel pun mengajak para pemangku kepentingan untuk bersama-sama memperkuat digitalisasi di berbagai sektor untuk menjadikan Indonesia sebagai bangsa digital yang utuh,” kata Alfian.

Telkomsel sendiri juga menyediakan berbagai solusi IoT bagi segmen perusahaan di berbagai sektor, baik bisnis maupun pemerintahan. Hal ini termasuk pula pengembangan potensi teknologi terkini seperti 5G untuk mendukung sektor industri.


Bagikan artikel ini