Tiga Perusahaan Indonesia Jadi Mitra Alibaba Cloud


 

alibaba cloud

 

Alibaba Cloud, perusahaan komputasi awan milik Alibaba Group menjalin kerja sama dengan MNC Group, Adira Finance serta JNE Express. Kerja sama tersebut untuk mendorong pengembangan transformasi digital di Indonesia.

"Kami sangat bangga dapat mendukung pelangaan seperti Adira Finance dan JNE dengan menyediakan pengetahuan dan pengalaman teknologi dalam digitalisasi yang dapat membantu mereka dalam mengakselerasikan pertumbuhan bisnisnya," kata Selina Yuan, President of International Business, Alibaba Cloud Intelligence di Raffles Hotel, Jakarta, Kamis (16/1/2020).

Selain itu, Alibaba Cloud juga meluncurkan Partner Alliance Program atau Program Aliansi Mitra, yaitu sebuah inisiatif yang melibatkan lebih dari 40 mitra ekosistem, diantaranya PT Indosat Tbk. dan PT Telekomunikasi Indonesia (Persero) Tbk. Program ini bertujuan untuk mempromosikan adopsi penggunaan komputasi awan (cloud) dan intelegensi data pada berbagai macam bisnis dengan berbagai skala.

Selina Yuan mengatakan saat ini perusahaan sektor tradisional semakin banyak yang mengekplorasi komputasi awan dan intelegensi data. Hal itu untuk mencapai peluang pertumbuhan yang baru. Kondisi tersebut, dilihat sebagai salah satu alasan perseroan meluncurkan Partner Alliance Program dengan dukungan beberapa mitra lokal.

Sementara untuk memenuhi dinamisme persyaratan penawaran konten media digital di seluruh aplikasi seluler, situs livestreaming dan portal e-commerce, MNC Group memanfaatkan solusi media Alibaba Cloud yang mencakup penyimpanan cloud, jaringan, keamanan, dan layanan SMS untuk memastikan pengalaman menonton yang lancar bagi penonton bahkan saat peak time. Secara khusus, solusi livestreaming eksklusif milik Alibaba Cloud, "ApsaraVideo Live", digunakan untuk memungkinkan siaran langsung dengan teknologi definisi tinggi narrowband.  Selama Asian Games 2019 Asia Tenggara, jaringan global Alibaba Cloud dan ApsaraVideo Live mendukung MNC dengan dilangsungkannya live streaming seluruh pertandingan.

"Solusi media Alibaba Cloud membantu MNC dalam memastikan setiap konten dikirimkan kepada pengguna dengan lancar, bahkan untuk beberapa pengguna dengan bandwith rendah," kata CTO MNC Group, Yudi Hamka.

"Dengan memanfaatkan solusi digital dan cloud Alibaba Cloud yang terbaru, kami berencana untuk terus mengembangkan jangkauan pengguna kami untuk pemirsa lainnya di luar Indonesia, termasuk Asia Tenggara dan sekitarnya," tambahnya. 

Chief Information Technology Officer Adira Finance, Dodi Soewandi berharap agar Alibaba terus meningkatkan solusi layanan untuk memaksimalkan rencana bisnis perseroan. Adira Finance berkomitmen untuk melanjutkan transformasi digitalnya bersama Alibaba Cloud.

"Ke depannya, Adira Finance berharap untuk terus meningkatkan solusi layanan dari Alibaba Cloud untuk memaksimalkan rencana bisnis kami serta menjadi lebih adaptif dalam kemampuan untuk melayani beragam kebutuhan pelanggan di seluruh Indonesia," kata Dodi Soewandi di Raffles Hotel, Jakarta, Kamis (16/1/2020).

Sementara itu Vice President of ICT JNE Express, Arief Rahardjo mengatakan bahwa sistem manajemen data oleh Alibaba Cloud memudahkan perseroan dalam memastikan penanganan jutaan paket yang tepat waktu, aman, dan efisien setiap harinya.

"Dengan memanfaatkan sumber daya Cloud terbaru Alibaba Cloud, kami dapat menjaga sistem penanganan data yang aman dan berkelanjutan. Hal ini sangat penting bagi kami dalam memastikan pengiriman yang berkesinambungan dan tepat waktu," kata Arief Rahardjo di Raffles Hotel, Kamis (16/1/2020).

Melayani 20 wilayah dengan 61 availability zones secara global, Alibaba Cloud telah meraih peringkat sebagai penyedia layanan cloud publik nomor satu di APAC dan nomor tiga secara global menurut Gartner. Untuk memenuhi meningkatnya permintaan transformasi digital dari pelanggan, Alibaba Cloud telah membangun dua data center di Indonesia serta bekerja dengan mitra lokal untuk memberikan solusi yang khusus untuk setiap industri.