Unilever Gandeng Alibaba Cloud Optimalkan Pemasaran Digital


Unilever

Unilever, perusahaan multinasional terbesar yang menawarkan produk konsumen menggandeng Alibaba Cloud, tulang punggung teknologi digital dan intelijen Alibaba Group. Kerja sama ini diumumkan dalam acara Alibaba Cloud Global Summit yang digelar secara daring pada 02 Juli 2020.

Unilever akan mengoptimalkan omni-channel serta proses pengumpulan permintaan secara online dan offline dengan menggunakan teknologi berbasis cloud dan teknologi kecerdasan buatan (AI) dari Alibaba Cloud.

"Pola pembelian pelanggan selalu berubah; informasi mengenai tempat dan waktu mereka membeli membuat pemasaran menjadi lebih gesit dan tepat sasaran guna menjaga relevansi dan mengurangi pemborosan pemasaran," ujar Fang Jun, VP Data dan Digital, Unilever Tiongkok, dalam keterangan tertulisnya, Selasa (7/7/2020).

Teknologi Alibaba Cloud membantu Unilever dalam menyajikan wawasan yang terperinci dari pola dan perilaku pembelian pelanggan. Selain itu, intelejensi bisnis berbasis data juga membantu Unilever  dalam pemasaran digital agar tepat sasaran. Dengan teknologi ini, Unilever juga bisa memprediksi dengan tepat dan cepat menanggap kebiasaan pembelian pelanggan di berbagai platform.

Teknologi kecerdasan data Alibaba Cloud mudah diterjemahkan dalam wawasan konsumen. Teknologi dan solusi yang akan digunakan Unilever antara lain Dataphin – platform PaaS terpadu untuk pemrosesan dan manajemen informasi cerdas – DB Analytic, Online Analytical Processing (OLAP) mengelola layanan database cloud yang dapat memproses sejumlah besar informasi secara real-time; dan Quick BI, rangkaian analisis bisnis cerdas yang menghasilkan wawasan mendalam tentang bisnis dan pola perilaku pelanggan.

"Agar perusahaan tetap update akan kebutuhan dan kebiasaan pelanggan yang selalu berubah, kemampuan untuk memahami kebiasaan belanja pembeli sangat penting guna menjaga agar pesan merek dagang tetap relevan bagi setiap pelanggan," ujar Selina Yuan, President of International Business, Alibaba Cloud Intelligence.

"Solusi Alibaba Cloud memiliki kemampuan untuk menyajikan wawasan pelanggan yang dibutuhkan dan kami siap mendukung Unilever untuk meraih kesuksesan dan membangun loyalitas merek dagang dengan pelanggannya di tengah pasar yang terus berkembang dan kompleks," lanjutnya.

Selain itu, kerja sama itu juga diharapkan dapat mengakselerasi perkembangan Alibaba Cloud di Tiongkok serta memanfaatkan keahlian bisnis lokal dan teknologi.


Bagikan artikel ini