Virtus Showcase 2020 Bantu Menorong Transformasi Bisnis


Transformasi bisnis Digital

Ilustrasi Transformasi bisnis Digital

Virtus Technology Indonesia merupakan perusahaan penyedia solusi infrastruktur teknologi informasi (TI) dan juga anak perusahaan CTI Group. Perusahaan ini menggelar kembali konferensi tahunan yang membahas isu-isu IT yang terbaru dan pameran dalam bidang IT yaitu Virtus Showcase 2020. Untuk tahun ini tema yang diambil yaitu "Transform Your Business in Digital Acceleration Era" dan untuk tahun ini Virtus Showcase 2020 diadakan secara virtual.

Pada masa pandemi COVID-19 ini, penggunaan teknologi digital untuk keberlangsungan bisnis semakin dipercepat. Dengan begitu, untuk mempercepat penggunaan teknologi digital perlu adanya infrastruktur IT yang sesuai dan sumber daya manusia yang memahami teknologi. Dalam hal ini, Virtus Showcase 2020 akan menghadirkan sejumlah pembicara yang dapat menjelaskan secara lengkap dan jelas mengenai persiapan yang harus dimiliki oleh pembisnis agar berhasil bertransformasi ke teknologi digital, diantaranya terdapat Sandiaga Uno selaku pengusaha nasional dan merupakan founder dari Rumah Siap Kerja, lalu terdapat Abidin Riyadi Abie selaku Koordinator Divisi Riset iCIO Community dan ada juga Richard Jeremiah selaku Country Managing Director dari Dell Technologies Indonesia.

"Teknologi saat ini menjadi primadona setelah pemerintah dan perusahaan menggalakkan kerja dari rumah. Akibatnya kebutuhan masyarakat akan jaringan komunikasi yang mumpuni pun meningkat. Perkembangan di teknologi informasi dan komunikasi, mempengaruhi kebutuhan masyarakat misalnya untuk berbelanja secara online. Karena itu, melalui acara Virtus Showcase 2020 ini,saya mendorong para pengusaha untuk mulai meningkatkan kegiatan usaha secara digital dan menggunakan teknologi secara maksimal," ujar Richard Jeremiah.

"Saat ini kita memasuki era baru yaitu era digital, dimana perusahaan dituntut untuk berubah agar bisa beradaptasi dengan tuntutan bisnis yangterus berkembang dengancepat. Dan pandemic COVID-19 ini memaksa kita untuk semakin mempercepat proses transformasi digital di perusahaan atau organisasi kita masing-masing," jelas Abidin Riyadi Abie.

Abidin juga membagikan materi survey iCIO Community yang bertajuk 'Indonesia CIO Priorities Survey During Pandemic COVID 19 & Beyond'. Dari hasil survey tersebut, sebanyak 57% responden menjelaskan bahwa transformasi model bisnis dengan menggunakan teknologi digital harus segera dilakukan agar bisnis atau organisasi mereka dapat terus bertahan dan berkembang. Dan disampaikan juga terdapat tiga teknologi yang diprioritaskan untuk diterapkan hingga setahun kedapannya, yaitu virtual meetings and collaboration tools, digital channel and commerce dan network access and cyber security.

"Kita telah menyaksikan adopsi dan transformasi digital yang luar biasa cepat hanya dalam enam bulan terakhir dan tren ini sangat mungkin untuk terus meningkat. Seiring upaya untuk terus beradaptasi dengan perubahan yang terus terjadi, organisasi juga harus berpikir ulang tentang bagaimana mereka bisa memasarkan produkatau solusi sebagai bisnis digital. Kami tahu bahwa perubahan menjadi sebuah bisnis digital sangat kompleks dan berbeda dari satu organisasi ke organisasi lain," jelas Richard Jeremiah.

"Dell Technologies, bekerja sama dengan mitra kami, termasuk Virtus, menghadirkan keahlian teknologi, solusi end to end, dan layanan kelas dunia untuk membantu organisasi mempersiapkan diri menghadapi perubahan apa pun yang akan datang di masa depan mencakup Transformasi TI, Transformasi Tenaga Kerja, dan Transformasi Keamanan," lanjut Richard Jeremiah.

"Pebisnis saat ini perlu mempersiapkan strategi transformasi digital yang baru. Strategi ini berangkat dari 3 aspek: Pertama SDM yang membutuhkan talenta dan mindsetbaru; Kedua aspek teknologi yang harus customer centric dan gesit; Ketiga yaitu proses bisnis yang berfokus pada data drive dan digital value. Virtus Technology Indonesia tentu saja bisa mensupport strategi digital ini pada aspek teknologi. Sebagai penyedia solusi IT, kami bisa membantu pebisnis di Indonesia untuk memilih teknologi yang tepat dan sesuai kebutuhan perusahaan bertransformasi digital," jelas Erwin Kuncoro selaku Presiden Direktur Virtus.

Konferensi yang dilakukan secara virtual selama dua hari pada tanggal 11 sampai 12 Agustus 2020 mengundang banyak sekali pengusaha professional dari berbagai macam sektor industri. Di acara ini juga pembicara berkesempatan melakukan talkshow yang membagikan pengalaman mereka sebagai pengusaha, bagaimana cara mereka dalam melewati tantangan yang ada di masa pandemi ini dan menanggapi adanya percepatan transformasi teknologi digital. Dalam acara ini juga terdapat booth online untuk para peserta konferensi yang ingin lebih mendalami atau mempelajari lebih jauh solusi-solusi yang teknologi IT tawarkan.