WIR Group Jalin Kolaborasi untuk Kembangkan Metaverse Indonesia


Artificial Intelligence

Ilustrasi Artificial Intelligence

WIR Group terus menjalin kerja sama dengan berbagai perusahaan dari beragam sektor untuk kembangkan platform Metaverse Indonesia. Metaverse Indonesia besutan WIR Group ini sendiri memanfaatkan teknologi kecerdasan buatan atau artificial intelligence (AI), virtual reality (VR), dan augmented reality (AR).

Executive Chairman & Co-Founder WIR Group Daniel Surya pun menyampaikan, bahwa Metaverse Indonesia akan dikenalkan pada dunia internasional melalui perhelatan Presidensi G20 Indonesia 2022 di Bali.

Platform Metaverse Indonesia nantinya juga akan menghadirkan kota-kota besar di Indonesia dengan tata kelola yang digunakan bersifat kredibel dan berdasarkan pada nilai-nilai dan kearifan budaya bangsa,” tutur Daniel dalam keterangan resminya, melansir dari Selular.id, Senin (14/3/2022).

Selain didukung oleh pemerintah, WIR Group juga mengajak perusahaan global seperti Meta (Facebook) dan Microsoft sebagai pengembang perangkat keras untuk metaverse seperti kacamata AR dan VR.

Sementara untuk di dalam negeri, WIR Group telah menjalin kerja sama dengan sejumlah entitas dari berbagai bidang seperti PT Bank Rakyat Indonesia (BRI), dan PT Bank Negara Indonesia Tbk (BNI) di sektor perbankan, lalu Trisakti School of Multimedia untuk sektor pendidikan, dan properti hingga budaya dan kuliner dengan Museum Boga Indonesia.

Menurut Chief Marketing Officer WIR Group Gupta Sitorus, metaverse yang awalnya adalah konsep fiksi ilmiah dapat menjadi kenyataan yang terus bertambah dan semakin riil seiring dengan berkembangkan teknologi dan konektivitas.

“Pembangunan Metaverse Indonesia sendiri membutuhkan waktu yang cukup lama, dan dilakukan secara bertahap hingga tahun 2024. Hal ini mengingat pembangunan metaverse memiliki kompleksitas yang tinggi,” jelas Gupta.

WIR Group sendiri saat ini tengah mempersiapkan fase pengembangan platform Metaverse Indonesia untuk Jakarta, Bali, dan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara. WIR Group dengan bimbingan dari Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) dan Kementerian Investasi/BKPM pun menciptakan inovasi baru yang relevan dengan visi dan tujuan negara.

“Kami turut serta membangun metaverse dengan keahlian, dan dalam pengembangan augmented reality terkini yang bisa menjawab kebutuhan metaverse masa depan,” kata Gupta.

Pemerintah melalui Kemenkominfo pun turut mendorong kolaborasi dengan banyak pihak untuk merintis dan mewujudkan Metaverse Indonesia, guna memberikan manfaat bagi masyarakat Indonesia di era digital.


Bagikan artikel ini