XL Axiata Komitmen Dukung IoT untuk Kemajuan Pendidikan Indonesia


Gedung Xl Axiata

Ilustrasi Gedung Xl Axiata

XL Axiata memberikan beberapa perangkat pendukung berbasis teknologi guna melengkapi fasilitas laboratorium Internet of Things (IoT) dan Wireless Communication Laboratorium di universitas yang telah menghasilkan banyak para ahli dan praktisi telekomunikasi dan IT di Indonesia.

“Tantangan terbesar yang dihadapi Indonesia saat ini adalah keterbatasan teknologi yang bisa mendukung para pelajar, salah satu contohnya dalam memahami seluk beluk IoT. Oleh karena itu, dengan senang kami menyerahkan bantuan berupa sejumlah perangkat teknologi yang bisa dimanfaatkan untuk praktek mahasiswa, yang terdiri dari IoT Development Kit, High Compute Servers, dan perangkat BTS 5G,” ujar Chief Technology Officer XL Axiata, I Gede Darmayusa, beberapa pekan lalu.

Sementara itu, Rektor Telkom University Adiwijaya mengapresiasi dukungan dari XL Axiata yang ingin memajukan pendidikan di Indonesia. Telkom University memutar otak untuk berinisiatif menghasilkan berbagai program yang dipercaya dapat mempercepat adopsi penggunaan teknologi, termasuk bekerjasama dengan XL Axiata terkait pengadaan peralatan untuk laboratorium IoT hingga Wireless Communication Lab.

“Dukungan peralatan untuk Laboratorium IoT dan juga wireless communication lab ini kami mengharapjan mampu membangun ekosistem IoT yang komprehensif di mana selain sebagai sarana pembelajaran para dosen dan mahasiswa, juga mampu menjadi tempat terciptanya produk maupun layanan yang mampu menjawab kebutuhan masyarakat saat ini,” kata Adiwijaya.

Di sisi lain, Group Head Jabodetabek XL Axiata, Francky Pakpahan menjelaskan setelah sekian tahun berkiprah di industri telekomunikasi, sudah sewajarnya para alumni turut berkontribusi memajukan dunia pendidikan di Indonesia salah satunya melalui almamater kelulusannya. Hal ini menjadikan XL Axiata sangat terbuka untuk menjalin kerja sama serupa dengan universitas lainnya di Indonesia.