XL Axiata Gandeng Microsoft, Hadirkan Layanan ExpressRoute


Xl Axiata

Logo Xl Axiata

XL Axiata jalin kolaborasi strategis dengan Microsoft untuk menyediakan layanan bernama ExpressRoute. Layanan ini akan memungkinkan koneksi privat antara layanan cloud computing atau komputasi awan Microsoft Azure dengan pengguna data.

Group Head Enterprise Product XL Axiata, Sharif Lukman Mahfoedz mengatakan bahwa perlindungan terhadap data pelanggan merupakan hal yang mutlak. Keamanan data merupakan hal yang diutamakan dalam berbagai layanan di industri digital, termasuk dalam solusi bisnis yang dihadirkan XL Axiata.

“Harapannya, segala upaya ini akan terus meningkatkan kepercayaan pelanggan terhadap layanan kami. Selain itu, kolaborasi bersama Microsoft ini juga relevan dengan transformasi digital yang terus digaungkan XL Axiata,” kata Sharif dalam keterangan resminya, melansir dari Medcom.id, Selasa (12/7/2022).

Sharif kemudian menambahkan, bahwa XL Axiata Business Solutions telah melakukan observasi terhadap layanan yang ditawarkan oleh Microsoft Azure ini. Teknologi yang ditawarkan pun terbukti dapat mendukung efisiensi waktu, selain mendukung keamanan serta proteksi data yang selama ini telah diterapkan oleh XL Axiata.

Sementara Country Lead Azure Business Group Microsoft Indonesia, Fiki Setiyono menuturkan bahwa kolaborasi untuk menghadirkan layanan ExpressRoute ini akan semakin membuka kesempatan bagi pelaku industri di Indonesia, untuk dapat mempercepat transformasi digital sesuai dengan kesiapan dan sumber daya masing-masing pelaku industri.

“Sebab, organisasi dapat memanfaatkan hybrid cloud dalam proses digitalisasi mereka, serta mengintegrasikan infrastruktur on premise yang telah mereka miliki dengan public cloud Microsoft Azure, yang dihubungkan dengan kecepatan network XL Axiata. Kami berharap kolaborasi ini dapat membantu memberdayakan ekonomi digital Indonesia,” tutur Fiki.

Microsoft Azure sendiri merupakan platform cloud computing yang menyediakan berbagai layanan komputasi, analisis, penyimpanan, serta jaringan. Pelanggan pun dapat memilih layanan yang ada untuk membuat serta mengembangkan aplikasi baru, dan menjalankan aplikasi yang sudah ada pada cloud.

Koneksi ExpressRoute dari Microsoft Azure sendiri diklaim menawarkan keamanan, keandalan, dan kecepatan yang lebih tinggi. Selain itu, didukung pula dengan latensi yang lebih rendah dan konsisten dibandingkan koneksi biasa melalui internet.

Latensi yang lebih rendah ini kemudian akan mendukung transfer data dalam jumlah besar, yang akan lebih efisien dari sisi waktu. Layanan ini pun telah diadopsi pula oleh pelaku industri lainnya yang mengedepankan pemanfaatan teknologi terkait cloud computing, seperti layanan finansial, Fast Moving Consumer Goods (FMCG), hingga energi dan pertambangan.

“ExpressRoute didukung dengan jaringan fiber optic berkecepatan tinggi dan coverage yang luas, maka sangat memungkinkan untuk mendukung koneksi privat, serta memastikan perpindahan data antar perusahaan dan penyedia layanan cloud untuk menjadi lebih aman, cepat, dan reliabel,” jelas Sharif.

ExpressRoute tidak hanya bisa dimanfaatkan secara korporat, tetapi juga memungkinkan pelanggan untuk mengakses layanan dalam jaringan virtual, termasuk layanan Azure lainnya secara bersamaan. Pelanggan kemudian dapat menyambungkan ke jaringan virtual melalui jalur peering pribadi, maupun ke layanan lain melalui jalur peering Microsoft.

Sementara untuk biaya yang dibutuhkan dalam pemanfaatan layanan ExpressRoute sendiri tergantung pada seberapa besar bandwidth, jarak, dan tipe koneksi yang dibutuhkan pelanggan. Layanan yang ditawarkan hanya mencakup layanan leased line ke arah layanan cloud computing Microsoft Azure.


Bagikan artikel ini