DIGITECH 2018: SDM Kunci Sukses di Era Industri 4.0

  • 28 Nov 2018 15.48 WIB

Ngakan Timur Antara @ DIGITECH

Kemampuan sumber daya manusia (SDM) merupakan kunci sukses di era industri 4.0 dan kunci untuk mewujudkan program pemerintah "Making Indonesia 4.0" yang telah dicanangkan oleh Jokowi pada 4 April 2018 dimana Kementerian Perindustrian menjadi leading sector untuk program tersebut.

Hal ini disampaikan dalam keynote acara DIGITECH 2018 yang disampaikan oleh Ngakan Timur Antara, selaku Kepala Badang Penelitiaan dan Pengembangan Industri Kementerian Perindustrian. "15 tahun ke depan akan merupakan masa emas bagi Indonesia yang akan menikmati bonus demografi, dan SDM adalah kunci utama untuk bisa bersaing di era industri 4.0 sekaligus untuk membuat lompatan perekonomian Indonesia", ujarnya. 

Hal senada juga disampaikan oleh Dr.-Ing. Ilham Akbar Habibie, MBA selaku Ketua Tim Pelaksana Dewan Teknologi Informasi dan Komunikasi Nasional (WANTIKNAS). Ilham menyampaikan bahwa  revolusi industri 4.0 akan menciptakan jutaan lapangan pekerjaan baru dan akan menjadi lompatan besar bagi ekonomi Indonesia. "Sumber daya manusia yang berkualitas dan kompeten menjadi salah satu faktor utama dalam menopang implementasi Revolusi Industri 4.0", imbuhnya. 

Hal tersebut juga menjadi perhatian besar bagi Asosiasi Cloud Computing Indonesia (ACCI), dalam paparan yang disampaikan oleh Alex Budiyanto selaku Ketua Umum ACCI. Alex menyampaikan saat ini terdapat gap yang besar antara hasil dari lembaga pendidikan dan ekspektasi dunia industri. Kurangnya komunikasi antara dunia industri dengan lembaga pendidikan ditengarai sebagai penyebabnya. "Salah satu program utama kami adalah berkontribusi dalam mengatasi kendala SDM ini, kami ingin menjembatani komunikasi antara pemerintah, industri dan lembaga pendidikan untuk mengatasi link and match problem dan meningkatkan kompetensi yang menjadi masalah besar SDM Indonesia", ungkapnya. 

Alex menyampaikan bahwa pemerintah juga perlu turut andil dalam proses komunikasi tersebut, komunikasi antara pemerintah, pelaku industri dan lembaga pendidikan perlu dilakukan lebih intensif untuk memecahkan masalah ini bersama. "Kami di ACCI sedang membangun sebuah ekosistem yang memungkinkan pemerintah, pelaku industri dan lembaga pendidikan untuk berkomunikasi dan bersinergi bersama untuk membangun Indonesia", ujarnya.