Dukung Gerakan Making Indonesia 4.0, Kemenperin Adakan Program Startup4Industry


Ilustrasi Industri 4.0

Ilustrasi Industri 4.0

Kemenperin dalam mendukung gerakan Making Indonesia 4.0 menyelenggarakan program Startup4Industry. Program ini diselenggarakan bagi para pelaku industri, terutama Industri Kecil Menengah (IKM) dan tech startup atau startup teknologi di Indonesia. Kemenperin sendiri berperan sebagai jembatan antara kebutuhan teknologi dan penyedia teknologi 4.0 dalam program ini.

Startup4Industry diadakan dengan maksud untuk membentuk ekosistem solusi teknologi bagi industri dan masyarakat, serta menjembatani kebutuhan industri dan masyarakat dengan tech provider atau penyedia teknologi.

Selain itu, program ini juga bertujuan untuk mengakselerasi startup sebagaiĀ technology problem solver bagi industri dan masyarakat. Startup4Industry juga memiliki tujuan untuk melakukan implementasi teknologi di industri, khususnya IKM dan mensosialisasikan penggunaan teknologi buatan Indonesia.

Program Startup4Industry yang digagas Kemenperin ini terdiri atas lima acara, yaitu kompetisi, diskusi solutif, tech link, webinar, serta workshop.

Kompetisi pada Startup4Industry ditujukan untuk para pelaku tech startup. Kompetisi ini berbasis pemecahan permasalahan industri di kalangan masyarakat dengan menggunakan teknologi 4.0. Pada kompetisi ini diberikan tiga jenis permasalahan yang bisa dipilih oleh peserta, yaitu e-commerce enabler, efisien manufaktur, dan masa adaptasi kebiasaan baru.

Kompetisi Startup4Industry sendiri membuka pendaftaran bagi para startup yang ingin berpartisipasi dari 3 Oktober 2020-3 November 2020.

Pada acara diskusi solutif, dilaksanakan diskusi antara problem owner atau pemilik yang bermasalah dengan tech startup sebagai penyedia solusi. Diskusi ini juga melibatkan stakeholder terkait dengan tujuan memvalidasi masalah serta mencari solusi yang tepat.

Pada diskusi solutif, problem owner melakukan penggalian permasalahan serta mengidentifikasi keterkaitan permasalahan tersebut, kemudian stakeholder terkait akan menganalisa dan memvalidasi permasalahan serta menganalisis keterkaitan stakeholder pula terhadap permasalahan yang ditemui.

Setelah melakukan analisis permasalahan, startup akan melakukan penyampaian solusi atas permasalahan tersebut, kemudian dilakukan perumusan hasil diskusi berisi tanggapan terhadap solusi serta tindak lanjut terhadap permasalahan.

Acara diskusi solutif Startup4Industry ini akan dilaksanakan pada Kamis, 15 Oktober 2020 dengan tema mengatasi hambatan diversifikasi produk IKM untuk bertahan di tengah pandemi.

Startup4Industry juga mengadakan acara tech link, yaitu temu bisnis antara startup sebagai penyedia teknologi dengan pelau industri, khususnya IKM dan dunia usaha. Acara ini akan diselenggarakan secara daring pada 20 Oktober 2020 dengan tema industri fesyen.

Startup4Industry juga akan menyelenggarakan dua acara webinar, yang akan dilaksanakan pada 14 Oktober 2020 dan 15 Oktober 2020. Webinar pada 14 Oktober 2020 bertemakan AR/VR untuk Making Indonesia 4.0, sedangkan webinar pada 15 Oktober 2020 akan membahas mengenai startup sebagai tech provider bagi industri.

Terakhir, Startup4Industry ke depannya juga akan melaksanakan aktivitas workshop untuk mengetahui perkembangan industri 4.0.

Mengenai informasi pendaftaran serta berbagai detail acara-acara yang diselenggarakan oleh Kemenperin pada program Startup 4 Industry, bisa diketahui dengan mengunjungi situs resmi Startup4Industry, yaitu startup4industry.id.