Luncurkan Buku Revolusi Industri 4.0, Mahasiswa Indonesia di Australia Curi Apresiasi


PPIA

Logo PPIA

Perhimpunan Pelajar Indonesia di Australia (PPIA) yang melakukan kerjasama dengan KBRI Canberra akan menyelenggarakan peluncuran buku berjudul "Mewujudkan Indonesia 4.0 - Kumpulan Pelajar Indonesia di Australia" yang bertempat di Balai Kartini, Jakarta. Buku ini berisikan pemikiran-pemikiran cendikiawan muda yang sedang belajar diberbagai Universitas yang ada di Australia. Peluncuran buku ini juga berkolaborasi dengan Sobat Cyber Indonesia (SCI).

Pembicara kunci dalam acara ini adalah Menteri Riset dan Teknologi/Badan Riset dan Inovasi Nasional, Prof. Bambang Brodjonegoro, Ph.D yang mengungkapkan bahwa adanya peluang dan tantangan yang dihadapi oleh Indonesia dalam menerima Revolusi Industri 4.0. Dalam hal ini Duta Besar (Dubes) RI, Y. Kristiarto S. Legowo mengapresiasi para cendikiawan muda Indonesia di Australia yang telah membantu Indonesia agar dapat lebih baik."Peluncuran buku ini merupakan bukti nyata para pelajar Indonesia di Australia bisa tetap aktif, kreatif, dan inovatif di tengah situasi sulit pandemi COVID-19," jelas Dubes Kristiarto, Senin (7/9).

Selesainya sesi peluncuran buku, dilanjutkan dengan sesi pemaparan yang diisi oleh para pembicara seperti Guru Besar FEB UI, Prof. Dorodjatun Kuntjoro-Jakti, Ph.D yang juga merupakan penulis kata pengantar pada buku tersebut, lalu terdapat Rektor Universitas Padjadjaran, Prof. Dr. Rina Indiastuti yang menyampaikan tentang peran Perguruan Tinggi di Era Revolusi Industri 4.0. Dalam peluncuran buku ini pun tetap mengikuti protokol kesehatan pemerintah Australia serta dihadiri oleh sekitar 25 peserta yang terdiri dari jajaran pejabat KBRI Canberra, editor, kontributor dan perwakilan dari PPIA.

"Kami mahasiswa Indonesia di Australia bangga dapat menyumbangkan buah pemikiran. Akhirnya proses panjang selama satu tahun ini berbuah manis. Kami berterima kasih kepada semua pihak yang telah berkontribusi hingga buku ini diluncurkan. Setelah peluncuran hari ini akan ada serial tujuh kali bedah buku ini secara virtual yang masing-masing menghadirkan narasumber para menteri dan pakar terkemuka pada bidangnya," jelas Denny Irawan sebagai ketua editor yang juga mahasiswa S3 di Australian National University (ANU).

Buku yang diluncurkan dengan judul "Mewujudkan Indonesia 4.0" ini ditulis oleh sekitar 34 penulis, terdiri dari 300 halaman dan terbagi dalam tujuh bab yang dimana buku tersebut membahas tentang; Ekonomi Industri dan Investasi (I), Teknologi dan Inovasi (II), Sumber Daya dan Sosial (III), Hukum, Institusi dan Kebijakan (IV), Aspek Keberlanjutan dan Energi (V), Infrastruktur (VI), dan Kesehatan (VII). Untuk pemasaran secara bentuk fisiknya telah dijual di Indonesia dengan penerbit buku dari Yayasan Pustaka Obor Indonesia.