Alibaba Cloud Dukung UKM dengan Strategi Hybrid Cloud


Alibaba Cloud

Ilustrasi Alibaba Cloud

Alibaba Cloud menggencarkan strateginya untuk hybrid cloud dengan jajaran produk barunya dan Hybrid Cloud Partner Program untuk terus menggaungkan kompatibilitas, keamanan, kesesuaian, skalabilitas, hingga kehandalan dari Alibaba Cloud.

Strategi yang gencar dilakukan ini bertujuan agar perusahaan di Indonesia, terutama dari kalangan Usaha Kecil Menemgah (UKM) dapat melakukan percepatan untuk transformasi digital dan memanfaatkan layanan lokal yang terintegrasi dengan public cloud dengan sifat yang elastis, terskala, serta fleksibel.

Alibaba Cloud pun menyediakan Hybrid Backup Recovery (HBR), yaitu sebuah solusi untuk penyimpanan yang bisa menghemat waktu dan biaya. HBR berbentuk server fisik dan terintegrasi dengan public cloud. Integrasi tersebut membuat HBR bisa menjembatani server lokal dengan public cloud secara aman serta dengan jaringan yang efisien.

Teknologi HBR juga dilengkapi dengan sumber daya ganda, network port, dan hot backup disk. Kelengkapan tersebut dapat memastikan pengoperasian HBR berjalan aman dan stabil untuk pelanggan tanpa perlu mengadakan komputasi tambahan.

Produk lainnya yang digencarkan Alibaba Cloud untuk strategi penerapan hybrid cloud adalah Hybrid Cloud Storage Array (HCSA). HCS adalah sistem penyimpanan level enterprise yang terintegrasi dengan layanan lainnya dari Alibaba Cloud.

HCSA bisa membuat pelanggan menggabungkan penyimpanan lokal dengan penyimpanan di public cloud yang elastis, terskala, serta memiliki kapasitas tanpa batas. Hal ini menciptakan sistem kerja yang mulus dan pengoperasian layanan yang lebih mudah.

Layanan HCSA juga menyediakan beragam mode hybrid cloud untuk pelanggan, seperti cloud caching, replikasi, tiering, dan snapshot. Layanan ini didesain khusus pula untuk dapat memastikan sistem pengoperasian yang berjalan tanpa hambatan.

Selain itu, HCSA pun dapat mempermudah pelanggan untuk mengelola dan menggabungkan data antar berbagai divisi, mengintegrasikan berbagai tipe file, serta menggabungkan server lokal pelanggan ke public cloud.

Alibaba Cloud dalam menggencarkan strategi perluasan penggunaan hybrid cloud secara global tidak hanya menyediakan produk, tetapi juga turut meluncurkan Hybrid Cloud Partner Program yang menyediakan ekosistem bagiu para mitra ahli yang ingin ikut serta dalam merancang, mendesain, serta mendistribusikan layanan hybrid cloud.

Melalui program ini, Alibaba Cloud memfasilitasi para mitra yang memenuhi syarat untuk bergabung dengan bantuan teknis. Bantuan tersebut termasuk didalamnya lisensi ZStack gratis serta fitur unlimited core CPU.

Hingga saat ini, mitra yang telah tergabung dalam Hybrid Cloud Partner Program yang bersifat global antara lain adalah DXC Technology, Equinix, HPE, NCS, Whale Cloud, Arrow Electronics, dan Softline Group untuk mitra di Eropa.

Mitra di Asia Pasifik sendiri, diantaranya adalah AsiaPac, B&Data, Cloudify, CTC Global, DiGiCOR, Sen Spririt, dan di Indonesia sendiri adalah Blue Power Technology.

Alibaba Cloud sebagai penyedia layanan cloud terbaik se-Asia Pasifik terus menyediakan layanan terbaik baik pelanggannya, dan menggencarkan penggunaan cloud khususnya untuk mitra UKM di Indonesia.