Apa Saja Keunggulan Private Cloud?


Apa Saja Keunggulan Private Cloud?

Jika Anda ingin menggunakan cloud untuk mengatasi persoalan dalam mengamankan data penting perusahaan hingga membutuhkan keamanan tingkat tinggi, maka private cloud adalah pilihan yang tepat. Seperti yang kita ketahui bahwa cloud computing memiliki tiga jenis, yaitu private cloud, public cloud, dan hybrid cloud.

Private Cloud sendiri merupakan salah satu jenis layanan cloud computing yang memiliki kelebihan serupa dengan public cloud, mulai dari tingkat keamanan data sampai dalam hal skalabilitas yang bisa disesuaikan, namun layanan ini menawarkan infrastruktur yang bersifat pribadi. Tidak seperti public cloud yang menawarkan layanan ke banyak pengguna pada satu infrastruktur cloud.

Walaupun private cloud hanya untuk satu pengguna atau organisasi saja, private cloud punya kemampuan untuk mengkonfigurasi lingkungan cloud dan mengelolanya sesuai dengan kebutuhan perusahaan. Ada beberapa hal penting yang harus diperhatikan saat menerapkan private cloud pada perusahaan Anda, diantaranya:

  • Melakukan Backup dan Disaster Recovery, hal ini berguna untuk meminimalisir risiko downtime dan kehilangan data kapanpun hal itu terjadi. Anda dapat melakukan kebijakan backup perusahaan mulai dari data-data rahasia, berapa lama dan besar yang akan disimpan, rencana pemulihan bencana serta beberapa hal penting yang dibutuhkan di private cloud. Hal ini penting untuk menjaga perusahaan dalam posisi yang aman dari kegagalan operasional jika sesuatu yang buruk terjadi.
  • Persiapkan Manajemen Keamanan, di mana hal ini sangat penting untuk dilakukan jika Anda ingin menggunakan private cloud pada bisnis. Karena saat Anda mempersiapkan manajemen keamanan untuk private cloud dengan baik, maka perusahaan Anda telah siap pula menghadapi ancaman terburuk secara benar ke depannya.
  • Penentuan Biaya, menjadi bagian yang perlu diperhatikan ketika menerapkan private cloud, di mana penentuan biaya dan pelaporan dapat memungkinkan Anda memahami anggaran cloud perusahaan seperti apa. Tentunya dengan prosedur pemantauan hingga pemeliharaan private cloud yang tepat agar Anda dapat beradaptasi dengan risiko limbah cloud yang ada di perusahaan.

Keunggulan Menggunakan Private Cloud

Setelah Anda mengetahui apa saja yang perlu dilakukan ketika menggunakan private cloud dalam membantu pertumbuhan bisnis Anda, maka Anda perlu mengetahui apa saja keunggulan dari penggunaan private cloud seperti berikut:

  1. Keamanan yang Ketat

Penerapan private cloud akan mampu memberikan keamanan yang ketat di perusahaan Anda. Hal ini agar data sensitif yang disimpan di cloud tidak mudah untuk diakses oleh orang lain. Dengan private cloud, Anda dapat mengelola dan memiliki data-data, sekalipun menggunakan data center dari pihak ketiga Anda akan tetap mengetahui keberadaan pasti data ada di mana saja.

  1. Kemudahan dan Kepatuhan akan Kontrol

Di mana pada umumnya private cloud berlokasi di data center penyedia layanan cloud, hal ini memberi kemudahan Anda dalam mengaksesnya ketika sedang dibutuhkan. Dan dengan menggunakan private cloud, Anda memiliki kendali lebih besar atas infrastruktur. Sehingga perusahaan Anda bisa membangun platform yang patuh dengan hukum dan regulasi industri.

  1. Kemampuan Kustomisasi

Kelebihan lain dari private cloud adalah kemampuan kustomisasi, di mana Anda dapat mengkonfigurasi platform yang terbaik sesuai dengan kebutuhan perusahaan. Selain itu, private cloud dapat beradaptasi dengan perusahaan pada berbagai faktor seperti ukuran, tujuan, industri, serta faktor lainnya.

  1. Integrasi Hybrid

Saat aplikasi membutuhkan sumber daya cloud tambahan, private cloud dapat menjadi public cloud. Ini dikarenakan hibridisasi yang dapat memperluas sumber daya cloud ketika pengguna membutuhkannya. Dengan begitu, Anda dapat mempertahankan waktu operasional dan menghemat biaya karena tidak perlu memasang server fisik tambahan.

Setelah mengetahui tips penting dan keunggulan menggunakan private cloud ini, sekarang Anda dapat menerapkan secara benar. Anda tidak perlu khawatir akan salah langkah saat menggunakan private cloud untuk membantu pertumbuhan perusahaan yang Anda miliki.

Sebagai salah satu cloud provider yang ada di Indonesia, Zettagrid menyediakan solusi cloud computing yang Anda butuhkan, terutama dalam layanan private cloud. Tidak perlu diragukan lagi jaminan kualitasnya, karena kami telah memiliki sertifikasi mulai dari ISO 270001, ISO 9001, PCI DSS, VMware, Zerto, Veeam dan PSE Kominfo Republik Indonesia. Jika Anda berminat merasakan langsung keunggulan cloud Zettagrid, Anda bisa melakukan redeem voucher cloud kredit sebesar IDR 3,000,000 dengan menghubungi tim Zettagrid melalui [email protected].


Bagikan artikel ini