AWS Gandeng Dicoding untuk Dorong SDM Digital Cloud Computing


Amazon Web Services Logo

Ilustrasi Logo Amazon Web Services

Dorongan untuk melakukan transformasi digital kini dilakukan oleh banyak perusahaan di Indonesia, terutama dengan keadaan pandemi saat ini. Pandemi mendorong perusahaan untuk membuat semua proses menjadi serba online dan digital menggunakan cloud computing atau komputasi awan.

Namun, permasalahan yang dihadapi Indonesia saat ini adalah keterbatasan sumber daya manusia (SDM) yang ahli dalam bidang cloud computing dan teknologi terkait. Maka terkait masalah ini, penyedia layanan cloud Amazon Web Services (AWS) kemudian memberikan bantuan untuk dapat mempersiapkan SDM digital di Indonesia.

“Beberapa waktu lalu kami sudah meluncurkan beberapa services AWS di Indonesia, termasuk edge computing. Selain membangun infrastruktur, kami juga akan membantu SDM di Indonesia dengan menggelar berbagai pelatihan,” kata Country Leader AWS Indonesia Gunawan Susanto dalam acara daring, melansir dari Tek.id, Jumat (20/8/2021).

Gunawan mengatakan bahwa memang saat ini di Indonesia, belum banyak pekerja digital yang paham betul mengenai bidang ini. Namun ia menyampaikan bahwa dalam waktu dekat ini, pengetahuan mengenai cloud computing akan semakin luas.

Selain itu, Gunawan menambahkan bahwa 59 persen dari tenaga kerja digital di Indonesia saat ini belum menggunakan cloud computing. Namun mereka mengatakan bahwa keahlian ini akan menjadi kewajiban untuk dikuasai pada 2025 mendatang. AWS kemudian akan membantu untuk mempersiapkannya.

Guna mempersiapkan pelatihan tersebut, AWS kemudian menggandeng beberapa pihak. Salah satunya adalah Dicoding untuk menggelar pelatihan yang berfokus pada bidang dengan kebutuhan besar saat ini.

“Kami sudah membuat kurikulum khusus bersama AWS untuk bidang tersebut, dan kurikulum ini langsung diawasi oleh AWS. Kami pun berharap dengan adanya kurikulum ini kami bisa membantu mempercepat pemahaman di bidang tersebut,” ujar Narenda Wicaksono, CEO Dicoding.

AWS pun tidak hanya menjalin kerja sama dengan Dicoding, tetapi juga memberikan pelatihan di berbagai institusi pendidikan di Indonesia, termasuk sekolah dan pesantren untuk peningkatan literasi digital. Salah satunya seperti SMA Negeri 1 Semin di Gunung Kidul, DI Yogyakarta.

“Kami sangat terbantu dengan hadirnya dukungan AWS. Bukan hanya dari sisi informasi mengenai pembelajaran di bidang digital, tapi juga sudah membantu sekolah kami dengan memberikan sejumlah laptop untuk mendukung kegiatan belajar mengajar,” tutur salah satu guru di SMAN 1 Semin, Sri Suharyati.


Bagikan artikel ini