BitHealth Dukung Upaya Transformasi Digital Industri Kesehatan


Layanan Kesehatan Digital

Layanan Kesehatan Digital

Pandemi COVID-19 yang masih berlangsung telah membuat banyak pelaku industri kesehatan semakin sadar akan pentingnya sistem pendukung teknologi untuk manajemen data di rumah sakit. Hal ini pun diperlukan untuk dapat mendukung efisiensi kinerja di rumah sakit.

“Pada kondisi sekarang saat kemajuan teknologi digital yang begitu cepat dan kompleks, serta pada pelaku industri rumah sakit yang umumnya tidak memiliki background IT tidak menjadi masalah. BitHealth menyadari hal tersebut dan berupaya menjadi mitra terbaik untuk mewujudkan transformasi digital di industri kesehatan, terutama rumah sakit,” kata COO BitHealth, Timur Bawono dalam acara ‘Digitalize Healthcare Indonesia’ di Jakarta, melansir dari Swa.co.id, Senin (18/7/2022).

Pernyataan Timur tersebut pun sejalan dengan BitHealth yang merupakan mitra teknologi kesehatan resmi pertama dari Healthcare Information and Management System Society (HIMSS) di Indonesia. HIMSS sendiri berfokus pada optimalisasi transformasi digital industri kesehatan dan mencapai sasaran strategi rumah sakit di seluruh dunia.

Timur menuturkan bahwa BitHealth sebagai mitra resmi HIMSS memiliki tujuan untuk membantu rumah sakit menemukan teknologi dan vendor yang sesuai dengan kebutuhan dan tujuan mereka, serta memberikan solusi dan melakukan implementasi sistem layanan-layanan dari BitHealth.

Selain itu, Timur juga menyampaikan bahwa BitHealth sendiri sudah memulai bisnis layanan solusi digital di industri kesehatan sejak 2020, yang dimulai dengan membantu transformasi digital bagi klien rumah sakit yang merupakan bagian dari rantai besar rumah sakit di Indonesia.

“Rumah sakit tersebut memulai transformasi mereka dengan mengimplementasikan sistem informasi rumah sakit, yang terstandarisasi dan terintegrasi dengan sistem janji temu pasien dan sistem keuangan,” jelas Timur.

Pada tahap digitalisasi berikutnya, BitHealth kemudian mengimplmentasikan EMR, teleconsultation system, human resource system, telehealth, hingga penggunaan data analytics dan teknologi artificial intelligence (AI) atau kecerdasan buatan.

Sementara solusi yang ditawarkan oleh BitHealth sendiri antara lain adalah pillar data dan AI dengan solusi data warehouse development and maintenance, data analytics and visualization, serta AI. Selain itu, terdapat pula solusi lain seperti document management system, master data management, dan masih banyak lagi.

“Semua solusi ini telah kami implementasikan di klien rumah sakit, dan terbukti berhasil meningkatkan pelayanan pada pasien sekaligus meningkatkan efektivitas dan efisiensi operasional di rumah sakit tersebut,” pungkas Timur.


Bagikan artikel ini