Dukung Digitalisasi: Telkomsel Hadirkan IoT Smart Manufacturing


IOT

Ilustrasi IOT

Telkomsel terus menggarapi transformasi lintas sektor industri di Indonesia melalui pemanfaatan teknologi terkini. Salah satunya menghadirkan layanan Telkomsel Internet of Things (IoT) Smart Manufacturing.

Ini  merupakan sebuah solusi digital bagi industri manufaktur yang  menuju digitalisasi dengan connected sensor dan collected data. Kemudian dianalisa untuk melakukan pengambilan keputusan cepat dan tepat yang meliputi seluruh rantai suplai.

Solusi Telkomsel IoT Smart Manufacturing ini memungkinkan terciptanya industri manufaktur yang berkelanjutan (sustainable manufacturing). Yakni dengan mendorong peningkatan efisiensi, produktivitas, hingga keamanan pada setiap proses operasional perusahaan melalui analisis data akurat.

Direktur Network Telkomsel, Nugroho menjelskan a pihaknya tak ingin menghadirkan layanan yang tidak memiliki masa depan. Mengarungi tahun 2023, beragam solusi enterprise dihadirkan Telkomsel, salah satunya  Smart Manufacturing.

"Kita harus bisa menciptakan solusi yang relevan, tapi juga bisa sustained. Tentu kita banyak melakukan observasi, studi, dan lainnya," ujar Nugroho dikutip dari Kontan.co.id, Jumat (3/2).

Telkomsel IoT Smart Manufacturing tidak hanya akan memberikan peningkatan produktivitas dan efisiensi perusahaan, juga berupaya mendukung terciptanya industri manufaktur yang ramah lingkungan, sesuai dengan target sustainable development goals (SDGs).

Solusi terintegrasi  Telkomsel IoT Smart Manufacturing memungkinkan terciptanya industri manufaktur yang berkesinambungan. Produksi melalui proses terintegrasi yang lebih ekonomis. Sehingga dapat meminimalisir dampak negatif terhadap lingkungan melalui konservasi energi dan sumber daya alam.


Bagikan artikel ini