Ada Empat Keuntungan yang Bisa Diraih Perusahaan Jika Adopsi Cloud Computing


Layanan Cloud Computing

Ilustrasi Layanan Cloud Computing

Digitalisasi yang semakin maju dan berkembang saat ini kemudian membuat semakin banyak perusahaan dan organisasi di dunia yang membangun bisnis mereka dengan mengandalkan teknologi cloud computing atau komputasi awan. Selain digitalisasi, berbagai keuntungan yang ditawarkan teknologi ini pun juga menjadi alasan penggunaan oleh perusahaan.

Melalui acara AWS Summit Online ASEAN 2021, Territory Account Manager AWS (Amazon Web Services) Alexander Lukman menuturkan bahwa setidaknya ada empat keuntungan bagi bisnis sebuah perusahaan ketika melakukan adopsi atau migrasi ke layanan cloud computing.

Keuntungan pertama adopsi cloud computing, adalah penghematan biaya operasional atau cost saving. Penghematan biaya ini sendiri didapatkan dari berpindahnya model pengeluaran dari CapEx menjadi OpEx.

“Di mana OpEx ini dapat dioptimisasi melalui ekonomi subskala yang diperoleh dari penyedia layanan cloud computing, seperti AWS,” jelas Alexander dalam AWS Summit Online ASEAN 2021, Kamis (20/5/2021).

Keuntungan kedua adalah staff productivity atau produktivitas staf yang meningkat meskipun beroperasi dengan jumlah tim yang sama. Hal ini disebabkan oleh waktu yang sebelumnya banyak dibutuhkan untuk mengurus infrastruktur IT, kini dengan cloud computing tidak lagi diperlukan.

“Sehingga mereka (staf) bisa fokus terhadap pekerjaan yang lebih produktif, seperti kontribusi terhadap inovasi dan pengembangan aplikasi,” kata Alexander.

Keuntungan ketiga, yaitu operational resilience (ketahanan operasional) yang didapatkan dari adanya peningkatan terhadap ketersediaan, keamanan, serta waktu downtime yang berkurang. Keuntungan keempat sendiri adalag adanya business agility atau kelincahan bisnis.

“Melalui adopsi cloud computing, tim di perusahaan bisa mengembangkan produk-produk baru, fitur-fitur baru, atau bahkan melakukan ekspansi bisnis ke lokasi baru secara lebih mudah dan efisien,” tutur Alexander.


Bagikan artikel ini