Google Gandeng Alpha JWC Dorong Cloud Computing Bagi Startup


Google

Google

Google Asia Pasifik (APAC) umumkan kolaborasi baru dengan firma venture capital (VC) yang tengah berkembang dengan pesat, Alpha JWC. Kolaborasi ini dijalin untuk mendorong adopsi teknologi cloud computing bagi startup, termasuk didalamnya program pelatihan dan lokakarya yang berhubungan dengan platform serta teknologi Google.

Google melalui kolaborasi ini berupaya untuk mendorong adopsi cloud computing melalui produk teknologi mereka. Hal ini selain diupayakan melalui pelatihan dan lokakarya juga dilakukan melalui penawaran diskon paket layanan cloud bagi startup yang dinaungi Alpha JWC.

“Mendukung partnership dan startup di fase awal mereka, program Google for Startups Cloud Program menawarkan dukungan teknis, bisnis, dan finansial, termasuk biaya cloud hingga USD 200.000 selama dua tahun untuk startup yang telah menerima pendanaan hingga dan termasuk Series A,” kata Google Southeast Asia VC & Startup Partnerships Head Kiran Bapna bersama Google Cloud VC dan Startup Ecosystem Japan & Asia Pasifik Michael Langford dalam pernyataan gabungan, melansir dari The Jakarta Post, Kamis (6/10/2022).

Alpha JWC sendiri menekankan dalam pernyataan pers Jumat lalu, bahwa kolaborasi yang dijalin bersama dengan Google ini merupakan perpanjangan dari inisiatif mereka yaitu Alpha-X. Alpha-X sendiri merupakan program yang tidak hanya mendukung pendanaan, tetapi juga melangsungkan pelatihan untuk praktik terbaik di lingkup marketing, sumber daya manusia, dan komunikasi.

Alpha JWC Ventures Value Creation Partner Erika Go mengungkapkan, bahwa para pelaku startup menghadapi tantangan yang besar, di mana pendanaan mandiri tidak cukup untuk membantu mereka mengelola bisnis. Pihaknya percaya bahwa pengembangan startup tidak bisa dilakukan hanya dengan menyuntikkan modal.

“Maka dari itu, kami meluncurkan inisiatif AlphaX dan berkolaborasi dengan jaringan kolaborator kami yang luas untuk dapat mendukung startup di area kritis mereka yang memerlukan banyak dukungan. Kami akan terus menjalin lebih banyak kolaborasi untuk dapat mendukung area lain di ranah pengetahuan dan pengalaman yang dapat mendukung pelaku startup kami,” tambah Erika.

Alpha JWC pun terus mengupayakan kolaborasi dengan berbagai pihak untuk dapat mendukung perkembangan startup di Indonesia. Utamanya, dalam hal mengadopsi teknologi seperti cloud computing untuk mendukung perjalanan bisnis mereka.


Bagikan artikel ini